27.2 C
Ambon City
Jumat, 29 September 2023
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kebakaran Hutan Kembali Terjadi

AMBON, SPEKTRUM – Insiden kebakaran hutan dan lahan (karhutla) ini terjadi Minggu (19/01/2020), sekira pukul 13.00 WIT. Si jago merah menghanguskan hutan kayu satu petuanan Negeri Soya, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, dengan luas sekitar 35 Ha.

Kasubbag Humas Polres Ambon, Julkisno Kaisupy, menuturkan kronologis kejadian karhutla, sesuai keterangan Saksi, Yana (30) dan Saksi II, Rasid Sarahim (33), warga Negeri Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, sekira pukul 09.00 WIT, kedua saksi ini sementara berada di halaman rumah yang jarak dengan lokasi kebakaran hanya 50 meter. Saksi melihat kebakaran tersebut, hingga pukul 13.00 WIT, api semakin meluas.

“Kemudian warga setempat berusaha untuk mematikan api dengan air, tapi gagal, api terus merembes ke arah timur lereng gunung yang sebagian besar terusnya adalah hutan belantara,”ujar Kasubbag.

Dan baru pada pukul 14.00 WIT, personil Babinkamtibmas Desa Batu Merah, BRIPKA. Abu Hehanussa bersama  enam personil Babinsa Desa Batu Merah tiba di TKP. Kemudian bersama Warga menuju lereng gunung hutan Kayu Satu, Desa Batu Merah untuk berusaha memadamkan api.

“Pukul 15.00 WIT, personil Bantuan Gabungan TNI AD Raider 733, Denkav V dan Denzipur dan SPKT Polresta Pulau Ambon dan Polsek Sirimau serta petugas Lingkungan Hidup dilengkapi satu unit mobil Pemadam Lingkungan Hidup, tiba di TKP. Sampai pukul 18.00 WIT,  kondisi hutan terbakar sebagian besar api berhasil dipadamkan, dan yang masih terbakar pada posisi lereng gunung dengan lokasi posisi jurang,” jelasnya.

Hasil sementera, menurut Kasubbag, api diduga berasal dari lahan kosong milik Warga yang baru dibersihkan seminggu lalu, dan baru dibakar sejak kemarin dan hari ini. Belum diketahui lahan kosong itu milik siapa. “Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu,” timpalnya. (S-01)

Artikulli paraprak
Artikulli tjetër

Berita Terkait

Stay Connected

0FansSuka
3,874PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles