Free Porn
xbporn
27.7 C
Ambon City
Rabu, 24 Juli 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Polda Maluku Gelar Rakor Lintas Sektoral Operasi Lilin

AMBON SPEKTRUM– Kepolisian Daerah Maluku menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral untuk kesiapan pengamanan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Rakor yang berlangsung di Rupatama Markas Polda Maluku, Kota Ambon, Kamis (14/12/2023) ini, dipimpin oleh Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Stephen M. Napiun.

Hadir mendampingi Wakapolda yaitu Kapoksahli Kodam XVI/Pattimura Brigjen TNI Syaeful Mukti Ginanjar, dan Sekda Maluku, Sadali Ie. Turut hadir para pimpinan dan pejabat utama TNI Polri dan Pemerintah Daerah maupun Kementerian Lembaga di Maluku. Para Kapolres jajaran juga mengikuti kegiatan melalui video converence.

Wakapolda Maluku saat membacakan sambutan Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, mengatakan, rapat koordinasi dilakukan untuk menyamakan persepsi baik antara pemerintah daerah TNI maupun instansi terkait. Hal ini dilakukan agar terjadi keterpaduan gerak langkah di lapangan, sehingga tidak terjadi miskomunikasi baik dari segi data maupun kecepatan dan keterbukaan informasi.

“Sehingga ketika muncul permasalahan serius dapat diantisipasi secara tepat dan tepat,” ungkapnya.

Rakor yang dihelat ini juga dilakukan sebagai wujud tindak lanjut dari hasil rakor yang dilaksanakan di Mabes Polri pada tanggal 7 Desember 2023. Di samping itu, rakor juga dilakukan sebagai wujud kesiapan baik Polri, pemerintah daerah, TNI maupun instansi terkait dalam menghadapi perayaan Nataru.

“Kita tahu bersama bahwa undang-undang mengatur tentang tanggung jawab kita di dalam kesiapan-kesiapan tersebut,” ungkapnya.

Polri dalam rangka menghadapi perayaan Nataru, akan menggelar operasi kepolisian secara serentak di seluruh Indonesia yaitu Operasi Lilin Salawaku 2023. Operasi Lilin akan dilaksanakan selama 12 hari, terhitung sejak tanggal 22 Desember 2023 sampai dengan tanggal 2 Januari 2024.

“Untuk kesiapan dimaksud Polri lewat pelaksanaan rapat koordinasi ini mengharapkan adanya peran semua pihak untuk bersama-sama bekerja sesuai dengan bidang tugas masing-masing demi untuk kelancaran pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru,” harapnya.

Kapolda berharap rakor ini dapat digunakan untuk menyiapkan kesiapan-kesiapan semua pihak terkait, sehingga apa yang menjadi kendala dan hambatan akan dapat teratasi. Sehingga saat pelaksanaan perayaan Nataru dapat berjalan sesuai dengan harapan bersama yaitu aman dan lancar.

“Sebelum mengakhiri sambutan ini Saya menyampaikan selamat merayakan Natal tahun 2023 dan tahun baru 2024,” ungkapnya.

Di tempat yang sama Sekda Maluku, saat membacakan sambutan Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail, menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah Provinsi (Pemrov) Maluku, menyambut positif diselenggarakannya kegiatan rakor pengamanan Nataru yang dilaksanakan oleh Polda Maluku.

“Semoga kegiatan ini semakin meningkatkan komitmen kita untuk mewujudkan perayaan Natal dan Tahun Baru yang aman sebagai bentuk kebersamaan dan solidaritas kita sebagai aparatur negara baik pemerintah daerah, TNI, Polri, maupun instansi vertikal lainnya,” katanya.

Ia mengatakan, untuk menjaga stabilitas umum guna memenuhi kebutuhan masyarakat pada saat perayaan Nataru, Pemprov Maluku telah melakukan berbagai langkah. Tujuannya untuk menjaga ketersediaan stok barang di pasar dan distribusi barang menjelang Nataru nanti.

“Dari pantauan kami di pasar beberapa minggu lalu kami turun langsung dan menjamin ketersediaan stok dan distribusi barang untuk 3 bulan ke depan aman dan terkendali,” ungkapnya.

Untuk pengamanan Nataru sekaligus pengamanan Pemilu yang kini memasuki tahapan kampanye, Pemprov Maluku dan Pemda kabupaten kota se Maluku telah menyiapkan personil linmas dan Satpol PP yang akan diperbantukan dalam pengamanan Pemilu serentak tahun 2024.

“Sebanyak 5075 personel linmas dan 2052 personel Satpol PP yang tersebar di 11 kabupaten kota di Maluku,” ujarnya.

Mengingat perayaan Nataru bersamaan dengan masa kampanye Pemilu 2024, Gubernur Maluku menghimbau kepada seluruh unsur aparatur negara baik Pemda maupun TNI/Polri, KPU, Bawaslu dan instansi terkait untuk meningkatkan kerjasama dan sinergitasnya. Hal ini dilakukan agar dapat menjaga stabilitas keamanan guna kelancaran masa kampanye di Provinsi Maluku, sekaligus memberikan rasa aman bagi masyarakat dalam perayaan nataru.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini kami juga menyampaikan dan mengucapkan selamat memasuki masa-masa Adventus Natal 25 Desember 2023 kepada seluruh umat Kristiani dan selamat memasuki tahun baru 1 Januari 2024 kepada seluruh masyarakat di Provinsi Maluku,” pungkasnya. (MG-16)

Berita Terkait

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles