29.1 C
Ambon City
Rabu, 21 Februari 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemuda MBD Jagokan Noach

AMBON. SPEKTRUM – Setelah mendapat rekomendasi PDIP, Benyamin Noach, Bakal Calon Bupati MBD, dinilai punya peluang untuk kembali memimpin bumi Kalwedo tersebut, lima tahun kedepan.

Apalagi sejumlah partai politik (parpol0 juga digadangkan akan merekomendasikan Noach sebagai cabup MBD. Hal ini juga dinilai akan lebih memudahkan langkah Noach memenangkan Pilkada MBD pada September 2020.

Tokoh Muda Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Fredy Moses Ulemlem menjagokan bakala calon bupati MBD dalam hal ini Benyamin Thomas Noach. Dia memprediksi, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati MBD, Benjamin Thomas Noach (BTN) dan Agustinus Kilikily, berpeluang mendapatkan lebih dari dua partai. Selain PDIP dan PKPI yang sudah menyerahkana rekomendasi, ada parpol lain juga.

“Artinya partai politik punya aturan main sendiri. Tentu ada penilaian terhadap bakal calon kepala daerah. Tentang calon ini layak atau tidak, termasuk hasil hasil survei parpol tinggi atau rendah, dan pandangan masyarakat mengenai figur bakal calon bupati maupun calon wakil bupati, saya kira pak Noach masih menonjol,” kata fredy kepada kepada Spektrum, Kamis (20/02/2020).

Menurutnya, selaku petahana di MBD, Benyamin Thomas Noach belum memiliki catatan (track record) buruk di mata masyarakat MBD.

“Sampai hari ini, dari semua isu tentang pak Naoch belum satupun yang berpeluang menyeret dia. Apa itu sebagai terperiksa apalagi tersangka. ini nilai plus beliau, dan tentui menjadi pertimbangan partai politik lain untuk menyerahkan rekomendasi kepada Noach,” katanya.

Ia pesimis dengan kandidat lain yang tersentuh hukum apalagi ada temuan BPK yang mengindikasikan dugaan calon tertentu terlibat kasus dugaan korupsi. Meski belum ada putusan pengadilan, lanjutnya, tapi kasus tersebut telah menjadi catatan tersendiri bagi lembaga negara dan publik.

“Jadi bisa saja, sampai hari ini baru petahana yang mendaopat rekomendasi parpol. Sementara kandidat lain kan belum mengantongi rekomendasi parpol,” jelasnya.

Selaku putra asal MBD, Fredy berhrap, partai politik dalam memberikan rekomendasi harus punya komitmen untuk menciptakan pemimpin yang profesional dan memiliki kreativitas untuk membangun MBD, dan tidak menjadikan visi misi atau bahan kampanye untuk mengelabui masyarakat.

“Jika memang semua partai politik merekomendasikan incumbent, itu kewenangan partai politik. Saya melihat dengan adanya PDIP dan PKIP sudah memberikan rekomendasi kepada petahana, hemat saya, bisa jadi parpol lain pun segera menyusul yakni mengusung pak Noach,” kata fredy. (S-07)

Berita Terkait

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles