29.9 C
Ambon City
Rabu, 17 April 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lahan dan Tanaman Warga Ludes Terbakar

AMBON, SPEKTRUM – Kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla kembali terjadi di wilayah Kota Ambon, Provinsi Maluku. Penyebab kebakaran akibat musim kemarau disertai angin kencang,.

Berdasarkan pantauan, kurang lebih ada 10 titik api. Tiupan angin kencang memaksa api menjalar begitu cepat hingga menghanguskan 100 Hektar hutan dan lahan di kawasan Negeri Rutong, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon.

Lahan warga yang di dalamnya terdapat tanaman umur panjang berupa cengkih, durian, manggis, duku dan lain lain, ludes dilalap “si jago merah”.

Berdasarkan infornasi yang di himpun Spektrum menerangkan, kebakaran ini sudah terjadi sejak Senin 20 – Selasa 21 Jqnuari 2020, sekira pukul 04.00 WIT.

Api bergerak dengan cepat dan meluas hingga ke hutan lahan pada tiga Negeri di Kota Ambon, yakni hutan lahan di Negeri Rutong, Kecamatan Leitimur Selatan pada titik koordinat 3°41´35,304”S 128°14´21,9”.

Insiden kebakaran ini juga meluas ke hutan kawasan Negeri Soya, Kecamatan Sirimau, dan hutan Negeri Halong, Kecamatan Baguala Ambon.

Terkait dengan kondisi ini, Pemerintah Negeri Rutong menyampaikan laporan kebakaran ke Pemerintah Kota Ambon dan ditindaklanjuti oleh Walikota Ambon .

Pemerintah Negeri Rutong berharap Pemkot Ambon segera berkoordinasi guna penanganan kebakaran hutan dan lahan.

Selain itu, pihak Pemerintah Negeri Rutong juga meminta dilakukan pemadaman secara manual. Sebab, lokasi kebakaran sulit dijangkau. (S-01)

Berita Terkait

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles