Free Porn
xbporn
27.7 C
Ambon City
Kamis, 18 Juli 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

‘Jiku Bata’ Inovasi Pemkot Bantu UMKM

AMBON, SPEKTRUM – Pojok ‘Jiku Bata’ merupakan salah satu inovasi Pemerintah Kota Ambon membantu UKMK lokal Kota Ambon agar produknya terpilih bisa dijajakan di sudut Balai Kota Ambon.

“Nantinya setiap aparatur sipil negara (ASN) di Pemkot Ambon diwajibkan berbelanja di UMKM tersebut,” kata Pj. Walikota Ambon, Bodewin Wattimena, Jumat (12/8/2022) di Ambon.

Menurutnya, ASN Pemkot setiap tanggal lima bulan berjalan telah gajian. Jadi pada tanggal tujuh, semua wajib membeli produk UMKM di sudut Balai Kota.

“Jadi kita harap setiap tanggal tujuh tiba, UMKM tersenyum, karena produknya dibeli ASN Pemkot,” imbuhnya.

Inovasi ‘Jiku Bata’ kata Wattimena, akan diatur dengan Peraturan Wali Kota, yang juga akan mengatur batas minimal uang yang dihabiskan ASN untuk berbelanja produk UMKM, sesuai jabatan dan tingkatan eselon.

“Nanti diatur misalnya eselon empat Rp 20.000, eselon tiga Rp 30.000, dan seterusnya.

Kepala dinas bisa minimal Rp 100.000 dan Wali Kota Rp. 200.000. ini bentuk kepedulian kita membeli produk mereka, sehingga perputaran uang tetap berada di Kota Ambon,” kata Pj.Wali Kota

Dikatakan UMKM yang mendapatkan kesempatan memasarkan produknya di Sudut Balai Kota akan diatur oleh TP-PKK Kota Ambon
“Ada banyak produk UMKM di Kota Ambon berkualitas bagus. Mulai dari olahan makanan, seperti sagu dan buah pala, hingga tenun,” ujarnya.

Wattimena menandaskan, pemasaran masih menjadi salah satu kendala yang menghambat pertumbuhan UMKM, meski Pemkot Ambon sudah memberikan fasilitas e-Katalog yang dapat dimanfaatkan UMKM untuk memasarkan produknya secara luas.

“Dengan inovasi ini minimal kita bisa membantu UMKM, karena kalau bukan kita siapa lagi, dan kalau tidak sekarang, kapan lagi,” kata Sekretaris DPRD Maluku ini. (tim)

Berita Terkait

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles