27.1 C
Ambon City
Minggu, 23 Juni 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Giat Ekonomi, Maluku Manggurebe Jilid III Diapresiasi

AMBON, SPEKTRUM – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Maluku menggelar giat ekonomi yang bertajuk “Maluku Manggurebe” ke III , Jumat ( 29/09/2023).

Deputi Gubernur BI, Aida S. Budiman mengapresiasi pelakanaan kegiatan tersebut dengan menjelaskan arti Manggurebe yaitu, bersama-sama merebut sesuatu dan yang direbut adalah upaya agar Maluku Maju Kedepan.

“Kita akan memastikan UMKM maju, karena UMKM adalah tulang punggung ekonomi, dan mudah mudahan Maluku juga akan maju, karena itu juga adalah sumbangan kepada Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia maupun Karya Kreatif Indonesia,” katanya.

Deputi juga mengapresiasi dan berterimakasih untuk komitmen dan dukungan kepada Maluku Manggurebe 2023, yang kali ini diperbesar skalanya dari sisi jumlah, promosi perdagangan, dan berbagai kegiatan untuk memastikan UMKM bisa naik kelas.

“Bank Indonesia akan secara nyata memberikan penyaluran program bantuan dedikasi untuk negeri khususnya untuk pengembangan kapasitas UMKM,” tambahnya.

Komitmen BI kata Aida, menjaga negeri, dan pihaknya akan memastikan stabilitas dari perekonomian dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan.

Maluku jelas Aida, memiliki potensi yang banyak dan pertumbuhan ekonomi dan inflasi juga sudah lebih baik.
“Terima kasih gubernur karena sudah mengawal perekonomian Maluku,” ujarnya menyanjung.

Sementara itu, Gubernur Maluku Maluku, Murad Ismail dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap KPw Bank Indonesia Provinsi Maluku atas terselenggaranya giat ekonomi Maluku ke III yang bertujuan mengakselerasikan pertumbuhan ekonomi masyarakat Maluku khusunya pelaku UMKM.

Dijelaskan, di triwulan II, pertumbuhan ekonomi Maluku 5,18 persen lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi Nasional yaitu 5,17 persen.
“Ini berkat kolaborasi dan sinergitas antar stakeholder di Maluku, sehingga inflasi pada bulan Agustus juga turun dari 6,1 persen menjadi 3,18 persen. Terimakasih kepada Deput Gubernur BI yang telah memilih Kepala KPw BI Provinsi Maluku yang selama ini bekerjasama dengan TPID dan Ketua TGPP Maluku, sehingga saat ini peningkatan pertumbuhan ekonomi ini menunjukan tren positif terhadap pemulihan aktivitas ekonomi di Provinsi Maluku,” kata Murad.

Kegiatan Maluku Manggurebe ke III, mengusung tema Sinergitas dan Kolaborasi mendorong inovasi menuju Maluku Maju, memiliki makna, sinergitas dan kolaborasi bukan pilihan, tetapi keputusan untuk bekerja bersama-sama, melibatkan seluruh stakeholder dalam rangka mendorong berbagai inovasi di wilayah Maluku.

“Kedepan kita perlu memperkuat sinergitas dan kolaborasi dalam pengembangan UMKM terutama di sisi hulu, harus terus meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi UMKM di Maluku, hal ini perlu didorong melalui berbagai pelatihan dan bantuan mesin serta peralatan. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku yang telah menjadi Bapak Angkat bagi beberapa UMKM, sehingga sudah ada produk yang diekspor ke luar negeri,” ungkapnya.

Melalui momentum ini juga, gubernur menghimbau seluruh pemangku kepentingan dan lapisan masyarakat di daerah, untuk menggelorakan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia dan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, sebagai salah satu upaya menggerakan perekonomian di Indonesia khususnya di Bumi Raja-raja ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan program sosial bank Indonesia dan peninjauan Booth UMKM oleh Gubernur didampingi Ketua Dekranasda, Deputi Gubernur BI, dan seluruh pihak terkait.

Hadir pada kesempatan itu Sekretaris Daerah Maluku, Kepala KPw Bank Indonesia Provinsi Maluku, Penjabat Walikota Ambon, pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku dan Kota Ambon, pimpinan instansi vertikal dan akademisi, perbankan, serta pelaku UMKM. (*)

Berita Terkait

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles