29.9 C
Ambon City
Rabu, 17 April 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ambon Memasuki Era Baru: Menyelami Transformasi Digital Menuju Smart City

SPEKTRUMONLINE. COM, AMBON – Kota Ambon, yang dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau, kini bersiap memasuki era baru dalam tata kelola pemerintahan. Di bawah kepemimpinan Pj. Walikota Bodewin M. Wattimena, Ambon memantapkan langkahnya menuju Smart City dengan mengimplementasikan dua terobosan penting: Tandatangan Elektronik (TTE) dan Aplikasi SRIKANDI. Selasa 20/02/2024

Mempercepat dan Mempermudah Birokrasi: TTE menggantikan proses manual penandatanganan dokumen, yang sering kali memakan waktu lama dan berisiko tinggi terhadap kehilangan atau kerusakan dokumen. Kini, dengan TTE, proses birokrasi menjadi lebih cepat dan efisien. Sebagai contoh, Pj. Walikota Ambon telah menggunakan TTE melalui Aplikasi SI-ASN milik Badan Kepegawaian Negara untuk menandatangani SK Kenaikan Pangkat PNS Golongan III/d dan SK Pensiun. Hal ini menghemat waktu dan tenaga, serta memungkinkan proses penandatanganan dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Meningkatkan Keamanan dan Akuntabilitas: TTE terintegrasi dengan Aplikasi SRIKANDI, platform korespondensi surat menyurat dan pengarsipan elektronik yang aman dan terintegrasi. Integrasi ini memungkinkan penelusuran dan audit dokumen dengan mudah, meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam tata kelola pemerintahan. Contohnya, penandatanganan 1600 SK Pegawai Kontrak yang dilakukan oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse, tercatat secara digital dan dapat diakses dengan mudah oleh pihak yang berwenang. Hal ini meningkatkan akuntabilitas dan meminimalisir risiko penyalahgunaan.

Memasuki Era Digitalisasi: Penerapan TTE dan SRIKANDI merupakan bukti nyata komitmen Pemkot Ambon untuk memasuki era digitalisasi. Hal ini sejalan dengan visi Kota Ambon sebagai Smart City yang mengedepankan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Pelopor di Kawasan Timur Indonesia: Ambon menjadi salah satu kota pelopor di Kawasan Timur Indonesia yang menerapkan TTE dan SRIKANDI secara menyeluruh. Hal ini menunjukkan bahwa Ambon tidak hanya unggul dalam keindahan alam, tetapi juga dalam tata kelola pemerintahan yang inovatif dan adaptif.

Masyarakat Ambon menyambut baik penerapan TTE dan SRIKANDI. Antusiasme ini terlihat dari partisipasi aktif para Pimpinan OPD dan Lurah dalam mengikuti sosialisasi dan pelatihan penggunaan aplikasi tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat siap mendukung transformasi digital yang diinisiasi oleh Pemkot Ambon.

Penerapan TTE dan SRIKANDI menandakan babak baru dalam perjalanan Kota Ambon menuju Smart City. Dengan komitmen dan kerja sama dari semua pihak, masa depan yang lebih cerah dan gemilang menanti Kota Ambon.

Lebih dari Sekadar Teknologi: Transformasi digital di Ambon bukan hanya tentang penerapan teknologi baru. Ini adalah tentang perubahan budaya dan cara kerja. Ini tentang membangun ekosistem digital yang mendukung terciptanya Smart City yang inklusif dan berkelanjutan.

Pemkot Ambon terus berbenah diri untuk mewujudkan Smart City. Beberapa langkah yang akan dilakukan dalam waktu dekat antara lain. (*) 

Berita Terkait

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles