Free Porn
xbporn
25.5 C
Ambon City
Kamis, 18 Juli 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Warga Masohi Di Imbau tak Kendarai Sepeda Listrik di Jalan Raya

MASOHI SPEKTRUM – Penggunaan sepeda listrik di Kabupaten Maluku Tengah kini mulai marak. Namun di balik itu perlu diketahui oleh masyarakat bahwa sepeda listrik dilarang digunakan di jalan raya, karena disamping membahayakan penggunanya juga membahayakan pengendara lain.

Menyikapi fenomena sepeda listrik yang kian marak tersebut, Kasat Lantas Polres Maluku Tengah, AKP. Frans Niovaldo mengimbau kepada masyarakat yang menggunakan sepeda listrik untuk tidak digunakan di jalan raya.

“Untuk menekan potensi kecelakaan lalulintas dalam penggunaan sepeda listrik ini, kami tidak hanya menyasar ke penggunanya, tapi juga penjual. Karena, mereka (penjual) berkewajiban memberikan pemahaman kepada pembelinya bahwa sepeda listrik tidak digunakan di jalan raya. Apalagi itu digunakan oleh anak di bawah umur, itu tidak dibolehkan,”ungkapnya di Masohi, Senin, 08/07/2024.

Djelaskan, bahwa mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) RI No PM 45 Tahun 2020 Tentang Kendaraan Tertentu Dengan Menggunakan Penggerak Motor Listrik, dimana setiap orang yang menggunakan sepeda listrik minimal berusia 12 tahun. Penggunaan kendaraan tertentu berusia 12 tahun-15 tahun harus didampingi oleh orang dewasa. Selain itu, menggunakan helm.

“Untuk sepeda listrik, kecepatan paling tingginya 25 kilometer per jam. Sepeda listrik ini dapat dioperasikan di lajur khusus dan atau kawasan tertentu. Lajur khusus itu meliputi lajur sepeda atau lajur yang disediakan secara khusus untuk kendaraan tertentu tersebut,” jelasnya.

Kawasan tertentu itu, ialah meliputi permukiman, jalan yang ditetapkan untuk hari bebas kendaraan bermotor (car free day), kawasan wisata, serta area atau lingkungaan perkantoran.

“Alasan lain mengapa sepeda listrik ini dilarang digunakan di jalan raya karena sepeda listrik hanya dilengkapi lampu utama, lampu belakang fan reflector. Mungkin masih banyak warga yang kurang mengetahui, bahkan tidak mengetahui, aturan-aturan dalam memakai sepeda listrik, khususnya di jalan raya sehingga upaya sosialisasi akan terus kami lakukan,”tambahnya. (HS 10)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles