28.5 C
Ambon City
Selasa, 29 November 2022
spot_img

Tiga Penambang ‘Kodok’ Tewas Tertimbun Longsor di G. Botak

AMBON, SPEKTRUM – Kawasan tambang emas di Gunung Botak, Kabupaten Pulau Buru, Maluku kembali menelan korban jiwa. Tiga penambang dilaporkan tewas tertimbun longsor.

Ketiga korban yakni, dua warga Ternate, Maluku Utara, Anto (41), dan Rizal Galela alias Ical (40), serta seorang warga lokal Buru, Lukas Tasidjawa (39) ditemukan tewas di kawasan Gunung Botak, Dusun Wamsait, Desa Dava, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru, Minggu (20/11/2022).

Kasi Sub Penmas Humas Polres Pulau Buru, Aipda M.Y.S Djamaludin membenarkan tewasnya ketiga korban tersebut. Bahkan dirinya menduga masih ada korban yang belum ditemukan.
“Iya benar, dari analisa yang dilakukan, diduga, masih ada korban lain yang belum ditemukan di timbunan longsor,” ungkap Djamaludin melalui telepon genggamnya Minggu, (20/11/2022), seperti dirilis RRI Ambon.

Dari keterangan sejumlah saksi, kata Djamaludin, peristiwa itu berawal saat para korban bersama kurang lebih 30 orang melakukan aktivitas penambangan ilegal secara manual sekira pukul 00.00 WIT.
Warga setempat menyebutnya dengan istilah “penambang kodok-kodok”.

“Mereka menambang di areal Gunung Batu tepatnya di paritan tempat penambangan emas metode dompeng milik saudara Yohanes Nurlatu. Selanjutnya korban Anto, Rizal Galela, Lukas Tasidjawa dan Cadu (korban selamat) menggali tanah dengan kedalaman galian sekitar 4 meter,”katanya.

Saat sedang beraktivitas, tiba-tiba terdengar suara reruntuhan tanah longsor sekira pukul 02.15 WIT di kawasan tersebut. Penambang lain yang mengetahui hal itu kemudian mendatangi lokasi untuk melakukan pertolongan. Setelah menggali longsoran tanah selama kurang lebih dua jam korban yang berjumlah empat orang berhasil dievakuasi.

“Namun keadaan korban Anto, Rizal Galela dan Lukas Tasidjawa sudah dalam keadaan meninggal dunia, sedangkan korban Cadu selamat, cedera di kaki karena tertimbun setengah badan,” jelasnya singkat. (*)

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,587PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles