Free Porn
xbporn
27.7 C
Ambon City
Kamis, 18 Juli 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Masa Pra Paskah, Paroki Katedral Ambon Gelar Aksi Sosial Donor Darah

AMBON, SPEKTRUM – Paroki St Fransiskus Xaverius Katedral Ambon, menggelar aksi sosial donor darah sebagai bentuk aksi nyata masa pra paskah, yang diinisiasi Seksi Kesehatan dan Seksi Komsos Dewan Pastoral Paroki bekerjasma dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Ambon.

Kegiatan donor darah ini dilakukan Minggu (19/3/2023) di lantai satu pastoran, usai misa pagi, dan berhasil menyumbangkan 58 kantor darah kepada pihak PMI Kota Ambon.

Pastor Paroki Katedral, RD Paul A Kalkoy mengatakan, umat Katolik ada dalam masa Pra Paskah, dan masa Pra Paskah ini umat diajak untuk mengenang dan merenungkan pengorbanan Tuhan Yesus kepada umat manusia.

“Tindakan pengorbanan Yesus itu harus juga menjadi semangat beriman dari kita yang percaya Kepada Yesus Kristus. Kita di Paroki Katedral mencoba memaknai pengorbanan itu dengan kegiatan donor darah hari ini. Seperti Tuhan Yesus telah mengorbankan dirinya bagi orang lain, kita mungkin hanya sedikit saja melalui aksi social donor darah, kita juga mencoba untuk berkorban demi keselamatan orang-orang,”ungkap Pastor Kalkoy.

Karena itu sebagai Pastor Paroki, dirinya mengaku sangat bangga dengan umat Katolik yang memiliki antusias yang sangat besar sehubungan dengan kegiatan ini, sekaligus berterima kasih kepada pihak PMI dan juga Seksi Kesehatan dan Seksi Komunikasi Sosial di Paroki Katedral yang telah mengupayakan terselenggaranya kegiatan ini.

“Kita berharap ini tidak berhenti pada masa Pra Paskah saja, tetapi tindakan ini dapat mendorong banyak orang supaya mau memberi dari apa yang dia punya bagi kemaslahatan orang lain,”harap Pastor.

Sementara itu, Plh Kepala Unit Transfusi Darah PMI Kota Ambon, Sensca Lesnussa, S.Kep,Ns menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pastor Paroki dan umat Paroki Katedral maupun umat diluar Paroki Katedral yang telah melakukan aksi donor darah.

Dikatakan, aksi yang dilakukan umat Paroki Katedral sangat membantu pihak PMI, apalagi tingkat kebutuhan darah sangat tinggi saat ini.

“Pada saat Bulan Ramadhan tidak ada kegiatan donor darah diluar, selain di kantor PMI, sementara kita kebutuhan darah sangat tinggi bisa mencapai 100 kantong darah per hari untuk semua rumah sakit yang ada di Kota Ambon, tetapi juga di luar Kota Ambon, seperti di RS Tulehu, RS Masohi, RS Piru, RS Namlea dan yang lain,”jelas Lesnussa.

Dirinya menambahkan, untuk Unit Transfusi Darah (UTD) hanya ada di PMI Kota Ambon, sehingga kebutuhan darah pada RS di luar Kota Ambon juga semua melalui PMI Kota Ambon.

Lantaran itu, Lesnussa berharap di Bulan Ramadhan ini ada masyarakat yang dengan sukarela ingin mendonorkan darahnya bisa mendatangi kantor PMI Kota Ambon di kawasan Kudamati, yang siap melayani 2×24 jam.

Ditempat yang sama Ketua Dewan Pastoral Paroki, Niko Rotama mengatakan, aksi donor darah hari ini merupakan bukti kepedulian Umat Katolik khususnya di Paroki Katedral untuk membantu orang-orang yang membutuhkan.

“Karena setetes darah sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan. Ada begitu banyak orang yang membutuhkan darah dan kami merasa terpanggil untuk menyumbangkan darah kami untuk orang lain yang membutuhkan,”ungkap Rotama seraya mengucapkan syukur karena bisa menyumbangkan 58 kantor darah untuk PMI, walaupun banyak umat yang sudah mendaftar tetapi terkendala persyaratan sehingga tidak bisa ikut berpartisipasi dalam aksi donor darah.

Dirinya berharap 58 kantor darah yang sudah disumbangkan umat ini bisa dimanfaatkan kepada masyarakat yang membutuhkan tanpa dipersulit dan diberikan sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang berlaku.

“Terima kasih kepada pihak PMI, mahasiswa kedokteran Unpatti, teman-teman Dewan Pastoral Paroki, yang telah berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini, semoga ini akan berlanjut di waktu-waktu yang akan datang,”harapnya. (*)

Berita Terkait

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles