26.5 C
Ambon City
Selasa, 7 Februari 2023
spot_img

Gempa Saumlaki Telan Satu Korban jiwa

AMBON, SPEKTRUM – Gempa dengan kekuatan 7,5 Magnitudo Terjadi di Maluku Tenggara Barat (Kepulauan Tanimbar), sekitar pukul 00.47 wit, Selasa (10/09/2022).

Pusat gempa berada di 136 km Barat Laut Maluku Tenggara Barat. Lokasi tepatnya berada di 7.37 Lintang Selatan, 130.23 Bujur Timur di kedalaman 130 kilometer.

Pagar rumah Ketua DPRD KKT, Ny. Denny Darling Refwalu yang ambruk akibat gempa 7,5 M
Pagar rumah Ketua DPRD KKT, Ny. Denny Darling Refwalu yang ambruk akibat gempa 7,5 M

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami imbas gempa tersebut. Kini peringatan tersebut telah dicabut.

“Peringatan dini tsunami dinyatakan telah berakhir,” tulis BMKG dalam keterangan resminya, Selasa (10/1).

Pantauan sementara di Kota Saumlaki, pagar rumah kediaman Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), Ny. Denny Darling Refwalu ambruk.

Kepala Dinas Kominfo KKT dalam rilisnya menjelaskan, akibat gempa 7,9 SR di KKT, satu warga meninggal dunia.

Kantor Bupati, Kantor Bapeda, Puskesmas dan beberapa kantor milik pemerintah setempat mengalami kerusakan berat dan ringan. Termasuk rumah milik Ketua DPRD KKT, Deny Darling Refwalu dan tiga unit rumah warga di BTN RT 03/RW 03, Kelurahan Saumlaki Kab KT ikut rusak karena gempa berkekuatan 7’5 SR ini.

Kadis Kominfo Kabupaten Tanimbar (KKT) Yunus Batlayeri dalam rilisnya mengungkapkan, untuk satu korban atas nama Yokem Laiyan dari Desa Lauran meninggal ketika menyelam memanah ikan dan disaat bersamaan terjadi gempa yang mengakibatkan selang penyelam melilit korban akibatnya Yokem meninggal dunia.
“Hingga kini pemerintah KKT masih terus melakukan pendataan sampai sejauhmana kerusakan yang diakibatkan dari bencana alam itu. Bahkan hingga berapa nilai kerugian belum bisa diperkirakan,”pungkasnya. (HS-16)

Berita Terkait

Stay Connected

0FansSuka
3,702PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles