27.1 C
Ambon City
Kamis, 22 Februari 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Retribusi Sampah Kota Ambon Rp 5.000

AMBON, SPEKTRUM – Guna meningkatkan pelayanan kebersihan di Kota Ambon, pemerintah melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan menetapkan besaran retribusi sampah sebesar Rp 5.000.

Kepala Dinas LHP Kota Ambon, Alfredo J. Hehamahua kepada wartawan menjelaskan, pengutipan retribusi yang diberlakukan tersebut sesuai dengan tarif yang tertera dalam Kemendagri. Nomor 7 tahun 2021.

“Kami melakukan pengutipan sesuai dengan tarif yang telah termaktub didalamnya, sekitar Rp 5.000,” kata Hehamahua, Kamis (15/06/2023) di Balai Kota Ambon, Rabu (15/06/2023).

Pemberlakuan pengutipan retibusi pelayanan persampahan atau kebersihan tersebut kata Hehamahua akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga diperuntukkan bagi dinas untuk meningkatkan pelayanan kebersihan dan keindahan lingkungan.

“Jadi hasil dari pengutipan retribusi juga masuk ke APBD kota, sehingga memberikan banyak manfaat terhadap peningkatan pelayanan kebersihan serta perkembangan kota kita,” jelasnya.

Guna memudahkan penagihan iuran persampahan/kebersihan kata Hehamahua Dinas LHP dibantu 22 petugas retribusi di lapangan untuk menjangkau warga Kota Ambon.

“Kami berharap. Semakin banyak masyarakat teredukasi tentang pentingnya membayar retribusi pesampahan/kebersihan tepat waktu. Sehingga dapat meningkatkan APBD kota dan meningkatkan pelayanan persampahan yang lebih maksimal,” kata Hehamahua. (MG-17)

Berita Terkait

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles