25.5 C
Ambon City
Selasa, 16 April 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lantik Kades Longgar

Bupati Aru: Sejahterahkan Masyarakat

DOBO, SPEKTRUM – Kepala Desa (Kades) Longgar terpilih, Albertus Agudjir diingatkan Bupati Kepulauan Aru, dr. Johan Gonga untuk bisa mensejahterakan masyarakatnya.

Selain itu penggunaan Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) demi membangun desa, dan situasi Kamtibmas juga harus terjaga.

Pesan Bupati Aru ini disampaikan saat melantik, mengambil sumpah dan janji Albertus Agudjir sebagai Kades Longgar, Kecamatan Aru Tengah Selatan pekan kemarin, bertempat di ruang kerja Bupati.

Turut dalam pelantikan tersebut, Kabag Humas dan Protokoler, Pieter Kalarbobir, S.STP serta sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkab Kepulauan Aru.

“Berkoordinasilah dengan Pemerintah Daerah untuk memajukan desa ke depan. Masyarakat harus mendapat perhatian penuh untuk sejahtera. Gunakan Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) dengan baik untuk membangun desa. Koordinasi mulai dari Camat hingga Bupati,” tandas Gonga dalam sambutannya.

Dalam melaksanakan tugas pemerintah desa, kades harus selalu berkordinasi dengan pemerintah kabupaten dalam hal ini DPMD Kabupaten Kepulauan Aru yang merupakan mitra kerja.

Bupati juga meminta kepada Kades Longgar Albertus Agudjir, agar memperhatikan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Pasalnya, untuk membangun desa, keamanan desa harus aman.

“Saya berharap memperhatikan masalah Kamtibmas di desa. Tak perlu tergoda dengan kepentingan politik sesaat, karena akan membuat kesenjangan di masyarakat. Otomatis akan menghambat pembangunan desa,” imbuhnya.

Ia juga menyampaikan, seorang Kades bisa melihat masalah keuangan desa, harus berinovasi di desa dan harus berdayakan BUMDes, agar bisa berkembang, serta harus memperhatikan kesehatan masyarakat di desa juga.

Dirinya juga berharap, dalam penggunaan anggaran desa juga harus transparan, kapabilitas, akuntabel dan akurat. Karena penggunaan DD maupun ADD dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.

“Diingatkan untuk tetap pertanggungjawaban Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) dengan baik. Di Kabupaten Kepulauan Aru sering keterlambatan APBD, dan salah satu faktor adalah keterlambatan pertangungjawaban keuangan dari berbagai dinas maupun desa. Olehnya itu penggunaan anggaran harus transparan,” ketusnya.

Bupati Gonga juga menghimbau kepada Kades terpilih, Albertus Agudjir untuk tidak terpengaruh dengan hal-hal yang lain dalam mengambil kebijakan untuk kesejahteraan masyarakat desa.

“Sebagai Kades Longgar yang baru, saya berharap tidak terpengaruh dengan hal-hal buruk. Rangkullah semua masyarakat untuk bersama membangun desa dan mensejahterakan masyarakatnya,” pinta Gonga. (HS-05)

Berita Terkait

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles