Free Porn
xbporn
27.7 C
Ambon City
Kamis, 18 Juli 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tembang – Air Mata Akhiri Masa Tugas Irjen Royke

AMBON, SPEKTRUM – Selasa, (11/02/2020), adalah hari terakhir masa tugas Irjen (Pol) Royke Lumowa sebagai Kapolda Maluku. Senin (10/02/2020), Jenderal Polisi berintang dua ini memimpin apel terakhir di lapangan Tahapary Tantui Ambon, Provinsi Maluku.

Mantan Kakor Lantas Polri ini pun terlihat meneteskan air mata usai menyanyikan beberapa tembang dari penyanyi Glen Fredly yang syairnya berisikan pesan tentang anak yang dibesarkan oleh ombak dan batu karang. Juga lagu milik Broery Pesulima yang berjudul Rindu yang menggambarkan kerinduannya terhadap masyarakat Maluku setelah bertugas selama 1,5 tahun di Maluku.

Irjen Royke membuat personilnya menangis dalam apel terakhir itu. Pada kesempatan ini, dirinya mengingatkan personilnya untuk tetap melayani masyarakat.

Polri sebagai satu kesatuan, dengann itu harus kompak dan tulus dalam bertindak, terutama bertindak memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Secara jujur bisa kita lihat keberhasilan yang saudara-saudara torehkan. Secara garis besar saja keberhasilan Polda Maluku, diantaranya mampuh mempertahankan kelestarian Gunung Botak, penuh perjuangan untuk membersihkannya dari para penambang emas tanpa izin. Dan itu tidak terlepas dengan bantuan Kodam XVI/Pattimura serta Kodim Pulau Buru,”tutur Irjen Royke Lumowa.

Ia mencontohkan daerah daerah lain, seperti di Banten dan Bogor, terdapat banyaknya PETI yang mengakibatkan kerusakan lingkungan. Begitu sulit mengendalikan itu semua jika tanpa adanya persatuan.

“Harus diketahui, di Gunung Botak itu menggunakan merucry, dan sangat berbahaya karena tidak terurai, kemudian tidak sedikit orang yang meninggal dunia di sana karena berkelahi, dirampok, atau pun tertimbun longsoran. Belum lagi kejahatan lain, ada narkoba, prostitusi, miras. Petani yang biasa bercocok tanam padi misalnya pergi mencari emas dengan harapan mendapatkan uang lebih cepat, itu memprihatinkan,” timpalnya.

Keberhasilannya bisa menhentikan aktivitas penambabg illegal di penutupan Gunung Botak, Pulau Buru, tanpa insiden, seperti perlawanan dan lainnya. Kondisi tersebut tidak terlepas dari peran para Bhabinkamtibmas hingga personel yang setiap saat melakukan penjagaan dan patroli dilokasi.

Irjen Royke Lumowa menyampaikan terima kasih kepada seluruh Polda Maluku beserta jajarannya yang sukses dalam menjalankan tugas pengamanan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 di Maluku. (S-01)

Berita Terkait

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles