27.1 C
Ambon City
Kamis, 22 Februari 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

PDIP Janji, Menangkan Pileg di Kota Ambon

Mailoa : PDI-P Siap Rebut Posisi Ketua

AMBON, SPEKTRUM – PDI Perjuangan Kota Ambon berjanji Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 nanti bakal mendulang suara dan akan merebut posisi Ketua DPRD Kota Ambon.

Tekad ini untuk mengembalikan masa jaya partai berlambang moncong putih itu yang pada Pemilu 1999 yang mencapai 16 kursi di DPRD Kota Ambon kemudian 2004, 2009 dan 2014 PDI-P masih menduduki posisi Ketua DPRD kota Ambon.

Pemilu 2019 lalu, PDI-P hanya mencapai 4 kursi karena selisih suara dengan Partai Golkar, sekitar 2000 suara sehingga posisi Ketua DPRD diambil Partai Golkar sementara PDI-P hanya mendapat posisi wakil ketua.

“Jadi untuk pemilu legislatif 2024 yang akan datang PDI-Perjuangan akan merebut posisi Ketua DPRD Kota yang kini diduduki Partai Golkar. Target kami, tujub kursi yaitu, Sirimau dua kursi, Baguala dua kursi, Nusaniwe dua kursi dan satu dapil yang lain 1 kursi.

Hal ini pasti karena PDI-P telah melaksanakan konsolidasi struktural secara masif hingga ke semua ranting dan anak ranting di seluruh kota Ambon,’ kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kota Ambon, Gerald Mailoa kepada Spektum, Rabu (15/03/2023) di Gedung DPRD Kota.

Dijelaskan, pihaknya tinggal memperkuat struktural partai sampai ke ranting dan anak ranting di lima kecamatan di Kota Ambon.

Diakui PDI-P untuk Pemilu 2019 lalu, PDI Perjuang memiliki fraksi utuh, cuma karena selisih suara dengan Golkar sekitar 2000 suara sehingga posisi ketua Dewan itu bergeser ke partai Golkar, “ ujar Mailoa.

Kemunculan partai baru di Pileg 2024 nanti lanjut Gerald tidak berpengaruh karena PDI-P Kota Ambon sudah mempunyai basis pemilih tradisional yang tidak bakal goyah.

“ Jadi walaupun ada muncul partai baru, kami tidak gentar karena kami PDI-Perjuangan punya basis pemilih tradisional itu ada dan tidak akan gentar. Jadi tinggal memperkuat strktur partai dan konsolidasi hingga ke tingkat ranting dan anak ranting secara masif di lima kecamatan saja,” jelas Mailoa.

Diakuinya, konsolidasi strutural partai itu sudah jalan setelah mereka dilantik beberapa tahun lalu sebagai pengurus DPC PDI-P Kota Ambon, sehingga sekarang ini hanya memperkuatnya saja.

“Konsolidasi struktural partrai itu sudah jalan setelah kami dilantik tempo hari jadi sekarang hanya memperkuat saja,” katanya

Menurut Mailoa, tekad PDI-P Kota Ambon itu baik untuk memenangkan kursi di DPRD Kota,plus merebut posisi ketua DPRD, maupun siap memenangkan pemilihan presiden di bulan februari 2024 dan pimilihan Kepala Daerah dan wakil kepala daerah, Gubernr, dan walikota di bulan November 2024.

Disinggung apakah tekad PDI-P Kota untuk mendulang suara terbanyak pada pemilu legislatif 2024 itu bisa dipengaruhi oleh koalisi parpaol untuk Calon Presiden dan Wakil Presiden mendatang?

Mailoa mengatakan tidak karena untuk PDI Perjuangan itu, fatwa langsung dari ketua umum DPP ibu Megawati Soekarnoputri akan diterima dan dijalankan oleh semua struktur partai sampai ke tingkat anak ranting dan ranting.

“ beta kira tidak berpengaruh karena bagi kami PDI Perjuangan itu fatwa langsung dari ketua umum, jadi itu, itu saja tidak ada yang lain,” ungkap Geral Mailoa. Jadi hasil survei mengatakan ini atau itu tetapi kita akan mengamankan figur yang sudah menjadi fatwa ketua umum itu.

Jadi kami harus turun konsolidasi sampai ke tingkat paling bawah untuk memenangkan fatwa ketua umum tersebut,” tagas Mailoa.

Ditanya soal calon Walikota Ambon, dari PDI-P, Geral mengatakan, PDI-P akan tetap mengacu pada hasil Rapat Kerja Cabang (Rakercab ) PDI-P beberapa waktu lalu yaitu ada beberapa nama bakal calon yang disiapkan terutama dari ianternal partai. (*)

Berita Terkait

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles