29.1 C
Ambon City
Rabu, 17 April 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Terkontaminasi Politik 2024, ASN Kota Ambon Terancam Dipecat

AMBON, SPEKTRUM – Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup pemerintah Kota Ambon jika terkontaminasi pada perhelatan pesta politik 2024, terancam pemecatan.

ASN tidak boleh memihak, berpihak dan tidak terlibat dalam setiap kegiatan yang bersifat politik praktis dengan kata lain, Wajib Netralitas dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pemilukada tahun 2024.

Untuk itu, Pemerintah Kota Ambon gandeng Komisi Pilihan Umum (KPU), Bawaslu Kota Ambon, TNI/Polri dalam pelaksanaan sosialisasi kepada seluruh ASN lingkup Pemkot Ambon.

Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M Wattimena (BMW) mengatakn, Pemkot memiliki empat peran dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2024, yaitu pertama menjamin ketersediaan anggaran, kedua menjaga stabilitas politik dan keamanan, ketiga menjaga netralisasi ASN dan ke empat memberikan data penduduk potensial pemilih kepada KPU

“Kita gandeng semua unsur dii hari ini, dari penyelenggara, Bawaslu, TNI dan  Polri, untuk kita lakukan pertemuan dengan seluruh ASN lingkup Pemkot Ambon, menyampaikan kepada Meraka bahwa ada tanggungjawab besar yang dipikul ASN, yaitu netral dalam pemilu dan Pemilukada di 2024, disertai dengan  kami sampaikan apa yang akan mereka terima bila melanggar netralitas yang dimaksud,” kata BMW kepada wartawan.

Ditegaskan, ASN yang terlibat dalam Pemilu dan Pemilukada maka akan diberi sanski tegas, bahkan pemecatan.

“Jadi kalau ada ASN yang mau terlibat dalam politik di Pemilu dan Pemilukada 2024, mereka harus lapor dan memundurkan diri, dengan begitu diberhentikan secara terhormat, namun bila dilakukan sembunyi-sembunyi dan ketahuan maka akan diberhentikan dengan tidak terhormat,” BMW.

Sosialisasi tersebut, diapresiasi Ketua Bawaslu Provinsi Maluku, Subair.

Menurutnya, kegiatan ini adalah salah satu upaya meminimalisir potensi pelanggaran ASN pada pelaksanaan Pemilu dan Pemilukada 2024.

“Ini bagian dari upaya kita untuk bersinergi dengan Pemkot, TNI dan Polri berkaitan dengan pelaksanaan salah satu tugas kita yaitu menjaga netralitas anggota TNI/ Polri dan ASN,” tegasnya.

Sosialisasi yang diselenggarakan Pemkot Ambon lanjutnya, akan menjadi contoh bagi kabupaten/kota lain dan Pemerintah Provinsi Maluku dalam menjaga netralitas ASN.

Apresiasi juga disampaikan Wakapolresta Pulau Ambon dan PP Lease, AKBP Heri Budianto.  Dikatakan, Polresta Pulau Ambon dan PP. Lease mendukung penuh penyelenggaraan pemilu dan Pemilukada yang bersih dan aman.

“Kita juga dalam pelaksanaannya menghimbau masyarakat dan ASN untuk bersama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat sebelum, saat pelaksanaan dan sesudah Pemilu dan Pemilukada 2024, sehingga bisa menjaga kota Ambon tetap aman dan kondusif,” tegasnya. (TIM)

Berita Terkait

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles