26.1 C
Ambon City
Rabu, 21 Februari 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Evakuasi Laka Laut, Bekangdam dan Kesdam XVI/Pattimura Berkolaborasi

AMBON,SPEKTRUM – Saat Piket Kompi Motor Cepat (Mopat) Bekangdam XVI/Pattimura yang berada di Gudang Arang sedang mengecek kondisi alang air dan ketingian air laut, menerima laporan adanya kecelakaan di perairan laut yang disebabkan karena terbakarnya sebuah bagan nelayan, kemudian Piket Mopat melaporkan kepada Letda Cba Robi Danton LCR Ki mopat.

Laporan ditindaklanjuti dengan memerintahkan ABK Baby Sea Rider mengecek ke tempat kejadian untuk memberikan pertolongan.
Saat tiba di tempat kejadian Letda Cba Robi mendapati nelayan yang terapung di atas laut dalam kondisi lemah dan mengalami luka bakar serta syok. Selanjutnya Letda Cba Robi memerintahkan ABK Baby Sea Rider untuk melaksanakan pertolongan kepada nelayan tersebut serta menghubungi Posko PRCPB di Kompi Mopat agar mengirimkan kapal ambulance dan personel Kesehatan.

Pos PRCPB Kompi Mopat setelah mendapat informasi dari Letda Cba Robi segera menghubungi petugas medis dari Kesdam XVI/Ptm dan ABK kapal ambulance untuk memberikan pertolongan. Kapal Ambulance meluncur menuju tempat kejadian, kemudian petugas Medis dan ABK kapal ambulance memindahkan korban dari Baby Sea Rider ke dalam kapal ambulance untuk diberikan pertolongan pertama dari luka bakar  yang diderita sebelum dievakuasi ke Rumah Sakit Tk II dr. J.A Latumeten.

Kapal Ambulance bertolak menuju dermaga Gudang Arang, untuk evakuasi korban ke Motor Ambulance yang telah siap di Dermaga melaksanakan evakuasi lanjutan ke Rumah Sakit terdekat yaitu Rumkit Tk II dr. J. A Latumeten.

Kejadian tersebut merupakan skenario dari latihan simulasi teknik pertolongan kecelakaan Laut (Sar Evacuation Medical), yang digelar oleh Kolaborasi Bekangdam dan Kesdam XVI/Pattimura, Sabtu (01/04/2023).

Simulasi yang dilakukan untuk pertolongan korban pada kecelakaan laut. Kegiatan tersebut berlangsung di Kawasan perairan Gudang Arang, Kelurahan Benteng, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon dan ditinjau langsung oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa.

Simulasi yang digelar cukup menarik perhatian warga yang ikut menyaksikan kegiatan tersebut.

Simulasi pertolongan ini diikuti oleh Kompi Motor Cepat (Mopat) Bekangdam XVI/Pattimura,  Tim Denkeslap Kesdam XVI/Pattimura, dan Tim Kesehatan Rst TK II dr. J.A Latumeten.

Kabekangdam XVI/Pattimura Kolonel CBA Parlin Hamonangan S.E, M. M mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi kondisi emergency akibat kecelakaan laut.

Sebelum simulasi digelar, terlebih dahulu Kabekangdam XVI/Pattimura Kolonel CBA Parlin Hamonangan S.E, M. memberikan penjelasan singkat kepada Pangdam XVI/Pattimura terkait inovasi satuan Bekangdam XVI/Pattimura.

Dijelaskan bahwa  saat ini Bekangdam XVI/Pattimura memiliki 6 aplikasi  dan  3 inovasi Satuan. Diantaranya Aplikasi Distribusi Beras, Aplikasi Distribusi Kaporlap Satgas, Aplikasi Distribusi Rantem Satgas, Aplikasi Distribusi Susu Serdadu,  Aplikasi Pemanfaatan Barcode pada Whistle Blowing System dan Data Kendaraan Angkutan Darat
dan Aplikasi Teknologi CCTV.

Untuk hasil inovasi terbaru berupa Kapal Ambulance, Posko PRC PB dan Mobil Dapur Lapangan.

Selanjutnya dalam simulasi, ditunjukkan kolaborasi peran Kapal Ambulance Bengkang dan Motor Ambulance Rumkit. Terlihat kekompakan dari tim dalam menangani korban kecelakaan laut menggunakan Kapal Ambulance, kemudian dievakuasi oleh motor ambulance menuju RST TK II dr. J.A Latumeten. Berkat kerja sama yang baik akhirnya  korban dapat terevakuasi dan tertolong.

Pangdam berharap latihan ini menjadi acuan dalam menghadapi emergency kecelakaan laut. Pangdam menekankan agar terus dilatihkan semua personil yang mengawaki baik kapal maupun motor ambulance, termasuk tim medis yang dilibatkan sehingga setiap personil paham akan tugasnya.

“Kita berharap inovasi kapal ambulance ini bermanfaat untuk masyarakat sehingga TNI AD semakin dicintai rakyat”, ujar Pangdam.

Turut hadir, Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Asep Abdurachman, Kapoksahli Pangdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Syaeful Mukti Ginanjar, Irdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Dadang Rukhiyana, Para Asisten dan Kabalakdam. (MG-16)

Berita Terkait

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles