29.9 C
Ambon City
Rabu, 17 April 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bupati Malteng Safari Ramadhan di Tiga Kecamatan Serut

MASOHI, SPEKTRUM – Penjabat Bupati Maluku Tengah (Malteng), DR Muhamat Marasabessy, bersama rombongan lakukan Safari Ramadhan di Kecamatan Seram Utara (Serut), Serut Utara Kobi, dan Serut Timur Seti, sejak Rabu (29/3/2023) hingga Jumat (31/3/2023).

“Selaku pribadi dan keluarga serta pemerintah dan masyarakat Maluku Tengah, saya mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan hingga nantinya tiba dihari kemenanganNya. Saya bersyukur di bulan suci ramadhan ini, Allah SWT masih setia menjaga dan memelihara kita, terutama saudara-saudaraku umat Muslim yang ada di Kecamatan ini,” kata Bupati.

Marasabessy, mengatakan, meskipun ada dalam suasana puasa, namun sambutan kepada saya, istri dan rombongan sangat luar biasa.” Ini pertanda bahwa masyarakat di
kecamatan ini, selalu merindukan kehadiran pemimpinnya untuk bertatap muka serta melihat secara langsung kegiatan
pembangunan dan dinamika sosial ekonomi yang terjadi di kecamatan ini,” jelasnya.

Puasa Ramadhan lanjut Marasabessy, adalah salah satu ibadah yang paling penting dalam agama Islam.

”Ibadah ini dilakukan selama bulan Ramadhan, bulan kesembilan dalam kalender Islam. Selamabbulan ini, umat Islam diwajibkan untuk menahan diri dari segala bentuk perilaku yang dapat merusak kesucian hati dan perilaku yang dilarang oleh agama Islam,” ingatnya.

Apalagi, tujuan utama dari ibadah puasa Ramadhan adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, menumbuhkan rasa taqwa, dan meningkatkan kesadaran spiritual. Selain itu, ibadah puasa Ramadhan juga bertujuan mengajarkan rasa empati, menumbuhkan rasa kemandirian, menjaga kesehatan, meningkatkan solidaritas sosial serta meningkatkan kebersihan moral.

“Jika merujuk pada arti, makna dan tujuan ibadah puasa tersebut, maka saya yakin bahwa saudara-saudara mampu mengamalkan dan mewujudkannya dengan baik dan benar,” tandasnya.

Untuk itu, Marasabessy menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah tahun ini mengadakan kegiatan Safari Ramadhan bertujuan meningkatkan silaturahmi, memperkokoh ukuwah Islamia serta menyiapkan umat Islam menyambut Idul Fitri dengan rasa bahagia, aman, rukun dan damai.

“Safari ramadhan tidak semata-mata agenda rutin tahunan, tetapi kegiatan ini memiliki arti penting dan bernilai strategis, sehingga patut dihayati dan dimakani secara dalam oleh
saudara-saudara sekalian. Kegiatan safari ramadhan, dibingkai dengan tema besar yang
telah saya canangkan sejak dilantik sebagai Penjabat Bupati yakni Gerakan Sapa Umat Kalesang Negeri Berahklak dan Berbudaya,” terangnya.

Melalui momentum ini lanjut Marasabessy, dirinya mengajak seluruh masyarakat agar semakin giat menjaga, merawat, melestarikan dan mengembangkan alam lingkungan
sekitarnya agar tetap bersih, sehat, indah dan bernilai ekonomis.

“Saya berharap masyarakat mampu memanfaatkan potensi alam yang ada untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan ekonomi rumah tangga. Apalagi kita tahu bersama bahwa angka kemiskinan ekstrem di kabupaten ini masih cukup tinggi, sehingga
masyarakat diharapkan melakukan usaha-usaha mandiri yang nantinya dapat menurunkan angka kemiskinan ekstrem, bahkan impian saya agar kedepan Maluku Tengah akan bebas dari kemiskinan ekstrem,” jelasnya.

Selain itu, angka stunting di Malteng juga masih cukup tinggi.” Ini masalah serius yang harus menjadi perhatian kita semua. Camat dan Raja/Kepala Desa serta para kader penggerak PKK harus aktif memberikan edukasi dan pendampingan yang semaksimal mungkin bagi kesehatan ibu dan anak. Penerapan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi harus menjadi kebiasan yang perlu ditumbuh kembangkan,”imbuhnya.

Dalam Safari Ramadhan ini, dirinya telah menyiapkan berbagai paket bantuan yang disalurkan kepada masyarakat miskin ekstrem dan petani.

“Selain itu, saya juga menyerahkan bantuan fasilitas kesehatan, bantuan untuk meningkatkan pasokan listrik, pengembangan sarana irigasi, serta pengembangan infrastruktur lainnya. Saya optimis bantuan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan mampu memenuhi pelayanan dasar masyarakat serta meningkatkan aksestabilitas,” tekannya.

Untuk itu, ia berharap, bantuan ini dapat diterima dengan ihklas dan rasa syukur, serta digunakan sebaik-baiknya bagi kesejahteraan semua orang.

“Kesempatan yang berhagia ini, saya ingin menyampaikan bahwa sejak September 2022 hingga kemarin saya telah melakukan berbagai kerjasama strategis antar lembaga. Hal ini bertujuan agar pembangunan didaerah ini semakin cepat bertumbu dan maju. Investasi dari sejumlah lembaga swasta akan membawa dampak perubahan yang signifikan,” sebutnya.

Oleh sebab itu, Marasabessy mohon agar masyarakat dapat berperan aktif dalam mendukung investasi di daerah ini. Syaratnya adalah dengan menciptakan kondisi sosial kemasyarakatan yang aman dan damai. “Jangan lagi ada pertikaian yang dipicu oleh hal-hal sepele apalagi itu perbuatan individu. Marilah kita menempatkan diri secara arif dan bijaksana dalam melihat setiap persoalan. Saya yakin, momentum puasa ramadhan ini mengajarkan kita untuk meneladani sikap hidup nabi besar Muhamad untuk mensiarkan Islam yang Rahmatan lil’alamin,” bebernya.

“Akhirnya, saya ingin menitipkan salam hormat Bapak Gubernur Maluku Murad Ismail bersama Ibu Widya Murad Ismail kepada seluruh masyarakat di kecamatan ini. Begitu banyak bantuan dan perhatian Bapak Gubernur bersama Ibu Widya bagi pengembangan daerah ini baik langsung maupun tidak langsung. Beliau berdua juga mohon maaf lahir dan batin jika ada sikap dan tutur kata yang tidak berkenan bagi masyarakat disini. Mari kitabdoakan Bapak Murad Ismail dan Ibu Widya agar tetap sehat dan amanah menjalankan tugas dan pengabdiannya,” pungkasnya.

Hadir pada kesempatan itu, Asisten, Staf Ahli serta Pimpinan OPD Pemkab Malteng, Ketua Tim Penggerak PKK Ibu Bella Marasabessy, Kepala Kecamatan Seram Utara/Seram Utara
Timur Kobi/Seram Utara Timur Seti, Para Raja dan Saniri Negeri se-Kecamatan Seram
Utara/Seram Utara Timur Kobi/Seram Utara Timur Seti, Para Kepala Desa dan Badan Perwakilan Desa seKecamatan Seram Utara/Seram Utara Timur Kobi/Seram Utara Timur Seti, Kapolsek, dan Danramil. (*)

Berita Terkait

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles