27.1 C
Ambon City
Minggu, 23 Juni 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BKD Kota Ambon Dibalik Kegagalan Walikota Rombak Birokrasi

AMBON, SPEKTRUM – Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena menyayangkan ulah staf Badan Kepegawaian Daerah Kota Ambon yang menggagalkan kebijakannya lakukan perombakan birokrasi di tahun 2022 lalu.

Padahal, Wattimena telah mengantongi persetujuan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), KASN dan pihak terkait lainnya.
“Sayangnya, setelah dilakukan pengecekan ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN) berkas usulan Pemerintah Kota Ambon tidak ada atau tidak dikirim ke BKN,” kata Pj. Walikota Ambon, Bodewin M Wattimena dalam konfrensi pers yang digelar di Ruang Darwin Balai Kota Ambon, Kamis (25/05/2023).

Wattimena menjelaskan, pengusulan perombakan birokrasi tersebut dilakukan pada awal November 2022 ke KASN, Kemendagri, dan BKN. “Kita dapat persetujuan KASN, persetujuan Kemendagri, yang tidak kita dapat dari BKN, kenapa ? ternyata setelah dicek ternyata berkas tersebut tidak pernah masuk. Setelah dilakukan pengecekan ke staf BKD yang mengurus pengiriman berkas tersebut, jawabnya telah dikirim sejak tanggal sekian, setelah dicek ternyata tidak ada di tanda terima di BKN. Ini berarti berkas tersebut tidak diusulkan ke BKN. Kalau staf BKD tidak masukan berkas tersebut tidak mungkin Kepala BKD-nya tidak tahu,” jelas Wattimena.

Wattimena menegaskan, kejadian tersebut tidak mau dikatakan intervensi namun kesengajaan atau kelalaian untuk tidak mengurus pengusulan perombakan birokrasi tersebut. Mestinya perombakan telah dilaksanakan pada Februari 2023 lalu.

Walau demikian, Wattimena tidak patah semangat sebab walaupun tidak melakukan perombakan birokrasi namun ada progres yang berhasil dicapai. “Artinya, ini menjawab pernyataan saya ketika pidato di DPRD Kota Ambon, bahwa saya sangat yakin dengan kemampuan dan kapasitas ASN lingkup Pemkot Ambon. Tidak digantipun tidak masalah, namun saya gagal mengembalikan pejabat yang dinonjobkan kembali ke dalam jabatan. Ini yang membuat saya terbeban dan sedih,” kata Wattimena prihatin.

Untuk menghindari terulangnya hal ini maka Wattimena telah memutuskan untuk pengurusan usulan perombakan birokrasi dilakukannya tanpa melibatkan staf.
“Nanti lihat, saya bawa sendiri ke Kemendagri, BKN, KASN dan lainnya daripada gagal lagi,” katanya. (HS-16)

Berita Terkait

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles