28.4 C
Ambon City
Sabtu, 24 Februari 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab MBD Terima Penghargaan UHC Award 2023

JAKARTA, SPEKTRUM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Barat Daya (MBD) menerima penghargaan Universal Health Coverege Award 2023 sebagai wujud komitmen dalam mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional bagi masyarakat Indonesia.

Penghargaan diserahkan Menteri Dalam Negeri,  Tito Karnavian dan diterima Wakil Bupati MBD, Drs. Agustinus L. Kilikily, M.Si, Selasa (14/03/2023) bertempat di Balai Sudirman, Jakarta Selatan.

Penghargaan bertajuk “Wujud Nyata Komitmen Pemda Dalam Mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional Bagi Masyarakat Indonesia,” dibuka Wakil Presiden Indonesia, K. H. Ma’ruf Amin dan didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan dan Direktur BPJS beserta jajarannya. Penghargaan diberikan kepada 22 provinsi dan 334 kabupaten kota.

UHC merupakan  sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau. Dan penghargaan UHC sendiri secara garis besar merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap layanan kesehatan yang terjangkau atau mudah diakses bagi semua pihak di daerah.

Melalui Instruksi Presiden Nomor 01 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional, Presiden menginstruksikan 30 Kementerian/Lembaga, Gubernur, Bupati, dan Wali Kota untuk mengambil langkah-langkah sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing guna melakukan optimalisasi program Jaminan Kesehatan Nasional. Penghargaan UHC diberikan kepada Pemerintah Daerah yang telah melaksanakan jangkauan pelayanan kesehatan bagi masyarakat sebesar 98 % dari jumlah penduduk yang ada.

Wakil Bupati MBD, Drs. Agustinus L. Kilikily, M.Si menyampaikan melalui penghargaan UHC inj, diharapkan pemerintah daerah terus meningkatkan pelayanan bagi masyarakat di Kabupaten MBD, agar masyarakat dapat lebih mudah dan terjangkau untuk mendapatkan layanan kesehatan.

“Kami juga mengharapkan sinergitas dan koordinasi dengan BPJS Kesehatan agar bisa bersama-sama meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat jaminan kesehatan secara optimal,” ujar Wakil Bupati.

Lanjutnya, kepuasan Pemerintah Daerah Kabupaten MBD adalah masyarakat MBD dapat terjamin kesehatannya dan tidak perlu memikirkan kesulitan pengobatan.

Atas penghargaan yang di terima, Wakil Bupati ucapkan terima kasih atas bentuk kerjasama dari semua pihak. “Hal ini terwujud, karena hasil dari upaya bersama BPJS, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas dan pihak terkait lainnya, ” ungkap Wakil Bupati. (*)

Berita Terkait

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Latest Articles