Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Sopir Allang-Liliboi Tuntut Dishub Maluku Siapkan Terminal

Sopir Allang-Liliboi Tuntut Dishub Maluku Siapkan Terminal

AMBON, SPEKTRUM – Setelah Asosiasi Sopir Kota Ambon (ASMA) gelar aksi mogok, kini giliran sopir AKDP jurusan Alang dan Liliboi datang Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Rabu (27/10/2021)

Tujuan kedatangan mereka untuk meminta, Dishub Maluku siapkan terminal bagi AKDP khususnya Alang dan Liliboi. 

Sebelum ditemui salah satu staf Dishub Maluku, perwakilan sopir AKDP jurusan Alang dan Liliboi sempat berorasi di depan kantor tersebut.

“Kami menuntut agar Dishub Maluku segera realisasikan terminal bagi kami, agar penumpang rute Allang dan Liliboi tahu dimana mereka harus naik angkot Allang atau Liliboi,” tandas Josan Siwalette sopir AKDP jurusan Allang mewakili teman-temannya. .

Puluhan sopir itu kemudian ditemui Kepala Bidang Darat, Muhammad Talla, dan dipersilahkan masuk ke ruang rapat Dishub Maluku untuk menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan mereka.

Pada pertemuan itu, banyak hal yang disampaikan sopir angkot AKDP jalur Allang dan Liliboy.

“Kami minta dengan sangat agar Disub Maluku memberikan titik terang terkait penempatan Terminal bagi ASDP khususnya jalur Alang dan Liliboy,” kata Siwalette.

Sebab lanjut Siwalette, hingga kini angkot AKDP khusus Alang dan Liliboi tidak pinya tempat parkir (terminal).

“Akibatnya penumpang tidak tahu mau naik mobil di mana karena tidak ada terminal. Oleh karena itu kami menuntut agar terminal segera disiapakan agar seluruh penumpang Alang dan Liliboy mengetahui tempat parkir angkot Allang-Liliboi,” katanya.

Bahkan, para sopir itu mengusulkan agar kawasan Ongko Liong dijadikan terminal agar muda dijangkau penumpang dan tidak menyebabkan kemacetan dalam terminal.

Sementara itu Muhamad Talla kepada wartawan menjelaskan, jika lokasi terminal atau yang sejenisnya bukan kewenangan Dinas Perhubungan Provinsi Maluku. Sebab pengaturan Terminal di Kota Ambon kewenangannya ada di Dinas Perhubungan Kota Ambon.

“Akan kita upayakan berkoordinasi dengan Disub Kota Ambon agar permasalahan ini bisa selesai,” kata Talla.

Bahkan, Talla juga berjanji akan berkoordinasim dengan apparat kepolisian untuk membantu memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh warga kota termasuk para sopir AKDP jurusan Allang – Liliboi.

“Nanti kami komunikasikan dengan pihak kepolisian juga Dishub Kota Ambon agar dicari solusi terbaik,” katanya lagi. (MG-15)

Pin It on Pinterest