Spektrum

Bersama Membangun Negeri

PKK SBT Dorong Partisipasi Perempuan di Pemilu

PKK SBT Dorong Partisipasi Perempuan di Pemilu

BULA, SPEKTRUM – Tim Penggerak PKK Kabupaten Seram Bagian Timur, berjanji akan mendorong partisipasi kaum perempuan di daerahnya dalam perhelatan pemilihan umum serentak, 2024 mendatang. Sebab kaum perempuan di SBT sangat potensial . Oleh karena itu, keberadaannya harus benar-benar digerakkan agar bisa mensukseskan Pemilu serentak nanti.

Hal itu disampaikan Ketua Penggerak PKK SBT, Nisa Keliobas usai penandatanganan MOU TP PKK Provinsi Maluku bersama KPUD Maluku pekan lalu di Kantor KPUD SBT.

Dikatakan, ini untuk meningkatkan kualitas demokrasi melalui tingkat partisipasi pemilu yang lebih maksimal, terutama untuk kaum perempuan, maka Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) bertekad bakal membangun kolaborasi dan Sinergi dengan KPUD setempat dalam rangka menggaet partisipasi kaum hawa dalam pemilu mendatang. Sinergitas itu bakal diwujudkan melalui kerjasama sosialisasi yang akan dilakukan di desa-desa.
Dijelaskan, implementasi dari MoU itu pihaknya bakal segera membuat nota kesepahaman bersama KPUD SBT. Dia mengharapkan pula dengan MOU tersebut, dapat tercipta kerjasama yang baik sehingga ikut mendorong gairah kaum perempuan SBT supaya lebih partisipatif menyalurkan hak pilihnya pada pemilu 2024 nanti.
Dikatakan, sepintas dari koordinasi yang sudah dipercakapkan, wewenang memilih dan menentukan lokus kegiatan itu menjadi tanggung jawab pihak KPUD.

Sebab menurutnya, pihak KPU yang lebih tahu persis tentang sebaran basis pemilih perempuan berdasarkan DPT terakhir yang dimiliki.
“Desa-desa yang akan menjadi lokus sosialisasi bakal ditentukan oleh KPUD. Yang pasti kami siap berkolaborasi untuk mendorong partisipasi pemilih kaum perempuan,” Jelasnya.

Selain lewat sosialisasi, Istri Bupati SBT itu juga mengungkapkan, pihaknya akan terus mengingatkan jajaran pengurus pada semua tingkatan khususnya TP PKK di desa agar ikut proaktif mengkampanyekan partisipasi pemilih kaum perempuan. Dengan begitu, katanya, upaya yang dilakukan tidak berhenti sampai di sosialisasi, melainkan terus menjadi perhatian TP PKK di kabupaten bertajuk Ita Wotu Nusa ini dalam setiap program dan kegiatan. (HS-13).

Pin It on Pinterest