Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Walikota Ambon dan Keluarga Terpapar Virus Corona

Walikota Ambon dan Keluarga Terpapar Virus Corona

Walikota Ambon Richard Louhenapessy

AMBON, SPEKTRUM – Walikota Ambon Richard Louhenapessy terpapar Covid-19. Bukan hanya Louhenapessy, isteri dan anaknya (EL) juga positif berdasarkan hasil PCR, Selasa (27/07/2021).

Saat ini Louhenapessy dan keluarga menjalani perawatan di RSUP dr. J. Leimena Poka – Ambon.
Diketahui, Walikota Richard Louhenapessy dan keluarganya masuk RSUP Leimena sekitar pukul 12.30 WIT.

Juru bicara Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adoniya Rerung yang dikonfirmasi membenarkan kalau Wali Kota Ambon, istri dan anaknya terkonfirmasi positif Covid-19.
“Iya benar, sudah dicek kebenarannya. Mereka terkonfirmasi positif,” kata dia.

Juru bicara Satgas Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adoniya Rerung

Rerung tidak mengetahui, darimana mereka terkonfirmasi positif Covid-19.

Menurut dia, petugas tracing yang nanti akan melacak kontak Wali Kota Ambon dengan siapa saja. Untuk saat ini belum dilakukan tracing, dari situ nanti baru diketahui.

“Kita kan belum tahu, pak wali kota kontak dengan siapa saja. Nanti di tracing baru diketahui. Bisa saja dari tracing tersebut, kita juga bisa tahu pak wali kota terkonfirmasi dari siapa,” ksta Rerung.

Kondisi Wali Kota Ambon, kata Rerung, tidak berat, namun harus dirawat karena ada cormobit. Ini dilakukan untuk menjaga jangan sampai cormobitnya kambuh.

“Wali Kota Ambon yang berkeinginan untuk menjalani perawatan di RSUP Leimena, karena ada penyakit bawaan diabetes atau gula darah. Mungkin pak Wali Kota Ambon merasa ada gejala Covid-19, makanya dia berinisiatif untuk melakukan test PCR dan hasilnya positif. Gejalanya ringan, tapi karena ada diabetesnya jadi harus dirawat,” kata Rerung.

Sementara itu, Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid19 Kota Ambon Joy Adriaansz, membenarkan kabar Walikota Ambon Richard Louhenapessy positif terpapar Covid-19.

Jubir Satgas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz

“Benar Walikota Ambon terpapar Covid19,” Kata Jubir ketika dikonfirmasi via seluler, Selasa (27/7/2021) semalam.

Dirinya menjelaskan kronologi Walikota positif terpapar Covid 19 berdasarkan hasil tracing dan testing kontak erat sopir Walikota yang lebih dulu terpapar beberapa waktu lalu.
“Proses 3T dilakukan terhadap kontak erat yaitu Walikota Ambon dan keluarga beserta semua staf dan ART yang ada di rumah jabatan Walikota,” katanya.

Dijelaskan untuk Tes Swab PCR Walikota dan Istri dilakukan di Rumah Sakit FX Rahardjo (RSAL) Ambon, Selasa (27/7/2021) pagi.

Sementara untuk anggota keluarga yang lain, bersama staf dan ART hasil pemeriksaan dari BPTKL baru keluar Selasa sore.

“Dari hasil swab PCR, ternyata yang positif ada empat orang yakni Walikota, istri, anak Walikota EL, dan satu orang ART, sementara yang lainnya negatif,” terangnya.

Jubir menjelaskan, saat ini keempatnya, menjalani isolasi dan perawatan di RSUP Dr.Leimena. Kondisi Walikota bersama istri dan anak, diketahui sangat baik, dan terus dipantau Tim Dokter.
“Kondisi kesehatan bapak Walikota dan keluarga baik- baik saja, dan saat ini dalam perawatan di RSUP Dr.Leimena,” jelas Jubir.

Jubir mengingatkan, Covid-19 adalah virus berbahaya yang dapat menyerang siapa saja, termasuk Walikota Ambon dan keluarga yang selalu menerapkan disiplin prokes 5M secara Ketat. Oleh sebab itu, masyarakat dihimbau agar selalu berhati-hati, dan disiplin dalam protokol kesehatan.

“Walikota dan istri yang sudah divaksin dan selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat saja bisa terpapar. Jadi jangan pernah menyepelekan Covid-19, tetap taat anjuran pemerintah dan disiplin protokol kesehatan,” ungkapnya. (HS-16)

Pin It on Pinterest