Juli 28, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Nelayan Wailihang Masih Dicari Tim SAR Gabungan

Nelayan Wailihang Masih Dicari Tim SAR Gabungan

Tim SAR Gabungan sedang dalam proses pencarian korban. (Sumber Foto: Basarnas Ambon)

AMBON, SPEKTRUM– Tim SAR Gabungan kembali melanjutkan pencarian Damra Litilolo, nelayan dari Desa Wailihang yang hilang kontak saat melaut. Menggunakan RIB 03, pukul 09.30 WIT, Tim SAR Gabungan bertolak menuju lokasi kejadian sesuai rencana operasi pencarian hari kedua.

Dikutip dari siaran pers Basarnas Ambon, tim dibagi menjadi dua SAR Rescue Unit (SRU). Pencarian dengan jarak ±25 Nautical Mile (NM), Heading 301,85° arah Barat dari lokasi untuk SRU 1 dengan RIB 03. Sedangkan SRU 2 menggunakan longboat melaksanakan pencarian dengan jarak ± 22 NM, Heading 286,02° arah Barat Daya dari lokasi kejadian.

Kondisi cuaca pada saat pencarian di hari kedua ini, ketinggian gelombang 1,5 meter. Tim berharap, operasi SAR Gabungan ini mendapatkan hasil  maksimal sehingga korban dapat cepat diketemukan dan dievakuasi.

Unsur SAR yang terlibat dalam operasi ini terdiri dari Tim Rescue Pos SAR Namlea, Ditpolairud Polda Maluku, Pos Sandar Namlea, Polres Pulau Buru dan masyarakat setempat.

Disebutkan, dua hari sebelumnya, Kantor SAR Ambon melalui Pos SAR Namlea menerima informasi dari Sri Jalil yang melaporkan bahwa ada satu orang warga Desa Wailihang, Kecamatan Waplau, Kabupaten Buru, pergi melaut sejak tanggal 17 Juli 2021, pukul 15.00 WIT, namun ditunggu hingga keesokan harinya belum kembali.

Diketahui korban pergi melaut menuju rompong di sekitar Perairan Desa. Upaya pencarian pun sudah dilakukan namun hasilnya nihil.

Mendengar informasi ini, pukul 08.00 WIT, dengan menggunakan RIB 03 Tim Rescue Pos SAR Namlea beserta unsur potensi SAR dikerahkan menuju lokasi guna melaksanakan operasi SAR dengan koordinat duga 02°56’852″ S – 126°47’029″, jarak ± 34 NM, dan Heading 318,83° arah Timur dari Pos SAR Namlea. (HS-17).

Pin It on Pinterest