Juli 28, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Nelayan Titawaai Akhirnya Ditemukan Tim SAR Gabungan

Nelayan Titawaai Akhirnya Ditemukan Tim SAR Gabungan

Tim SAR Gabungan bersiap menjalankan tugas pencarian dan pertolongan untuk nelayan Titawaai, Dominggus Siaila. (Sumber Foto: Basarnas Ambon)

AMBON, SPEKTRUM, Dominggus Siaila, nelayan asal Desa Titawaai, Kecamatan Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah, akhirnya berhasil ditemukan tim SAR gabungan, Senin (19/7/2021).

Dikutip dari siaran pers Basarnas Ambon, Siaila ditemukan di hari kedua pencarian tim SAR gabungan setelah tiga regu pencarian dan penyelamatan dikerahkan. Di hari kedua pencarian tersebut, tim sudah berangkat sejak pukul 07.30 WIT pagi. Pencarian yang berfokus ke arah Barat dan Barat Daya ini sebelumnya hingga pukul 13.00 WIT belum mendapatkan hasil yang maksimal.

Kemudian pencarian dilanjutkan kembali hingga pukul 14.33 WIT. Tim mendapat informasi dari Teis Siaila, keluarga korban yang melaporkan bahwa korban Dominggus Siaila berhasil ditemukan oleh masyarakat nelayan pukul 12.26 WIT, sekitar 10 NM di Perairan Laut Haya dan dievakuasi ke Dusun Sapulesi Negri Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah dalam keadaan selamat namun lemas.

Sebelumnya diketahui, korban pergi melaut sekitar pukul 08.00 WITmenggunakan Perahu Ketinting di sekitar Perairan Pulau Nusalaut, sejak tanggal 17 Juli 2021. Rencananya akan kembali pada pukul 14.00 WIT, namun naas hingga operasi SAR dilaksanakan selama dua hari, korban tak kunjung kembali. Upaya pencarian pun sudah dilakukan keluarga korban namun nihil hasilnya.

Unsur SAR yang terlibat dalam operasi ini terdiri dari Tim Rescue Kansar Ambon, Polairud Polda Maluku dan masyarakat sekitar.

Alut yang digunakan berupa, satu unit RIB 01 Kansar Ambon, satu unit KP Elang Laut Polairud Polda Maluku, satu unit KP Murai Polairud Polda Maluku dan 5 unit longboat milik masyarakat. (HS-17).

Pin It on Pinterest