Juli 28, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Punya Inovasi Kemandirian Pangan, Desa Kandar Optimis Menang Lomba Desa

Punya Inovasi Kemandirian Pangan, Desa Kandar Optimis Menang Lomba Desa

AMBON, SPEKTRUM– Desa Kandar di Kecamatan Selaru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) menjadi salah satu desa yang ikut bersaing dalam Lomba Desa tingkat provinsi Maluku dan optimis akan memenangkan lomba.

Menurut Kepala Desa Kandar, Harold Halirat, optimisme ini dibangun dari sejumlah inovasi kemandirian pangan dan ekonomi yang ada di desanya, antara lain dengan adanya potensi padi ladang dan tadah hujan seluas 35 ha yang menghasilkan 140 ton padi atau rata-rata per ha menghasilkan 4 ton padi. Lahan ini dikelola oleh 24 kelompok tani dan ada 12 lahan yang tersebar di sana.

Lahan padi ini di tahun 2021 telah diperluas hingga 50 ha, menurut Halirat saat mempresentasikan profil desanya di hadapan juri, di Lantai 7 Kantor Gubernur Maluku, Selasa (29/6/2021).  

Selain itu, Sentra Tenun Ikat (STI) juga potensial dijadikan destinasi wisata budaya.  

Rumput Laut jenis Cottony dan Werurun, kata Halirat, menghasilkan 9 ton agar kering dalam setahun.

Dari sisi penyelenggaraan pemerintahan, ada Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemerintah Desa yang diatur dalam Perdes No.23/2019 dan SOP Pelayanan Administrasi Masyarakat. Hanya butuh waktu 20 menit untuk mengurus administrasi yang dibutuhkan masyarakat dan tidak dipungut biaya.  

Sapras pendidikan di desa, menurut Halirat, ada PAUD, 2 unit. SD 2 unit. SMP dan SMK jurusan pertanian dan perikanan, masing-masing 1 unit. Sedangkan sarana kesehatan, ada satu unit gedung posyandu terpadu.

Pemdes Kandar juga memiliki satu gedung kantor desa, satu unit balai desa, kantor BPD, perpustakaan desa, kantor TP PKK, rumah tenun dan alun-alun desa.

Terkait masalah lingkungan, masifnya penebangan hutan Mangrove memperluas abrasi sehingga luas desa menjadi berkurang. Hal ini diatasi dengan sudah ditanamnya 1000 anakan Mangrove. (HS-17).

Pin It on Pinterest