Juni 14, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

MCC Dapat Anugerah Hijau Kanal Rupidara,

MCC Dapat Anugerah Hijau Kanal Rupidara,

AMBON, SPEKTRUM– Maluku Coastal Care (MCC) mendapatkan Anugerah Hijau Kanal Rupidara untuk kategori Komunitas Peduli Lingkungan.

Nama Rupidara sendiri diambil dari tokoh perintis lingkungan di Pulau Kisar, Maluku Barat Daya, Rudolf Rupidara yang mendapatkan Kalpataru dari Pemerintah Indonesia, tahun 1981 sebagai pejuang lingkungan hidup.

Penghargaan yang digelar setiap dua tahun sekali oleh Perhimpunan Kanal  Maluku ini tidak hanya diberikan kepada komunitas saja tetapi apresiasi juga diberikan kepada sejumlah pihak yang dinilai berjasa bagi lingkungan hidup di Provinsi Maluku, baik secara individual, komunitas, lembaga non pemerintah, musisi hingga pers.

Acara yang digelar di Swissbelt hotel, Minggu (30/5/2021), kali ini memberikan penghargaan kepada jurnalis Nurdin Tubaka dari Mongabay Indonesia yang aktif menulis tentang lingkungan. Sedangkan kategori pejuang lingkungan diberikan kepada Magafira Ali.

Sementara kategori Lifetime Achievement atau penghargaan seumur hidup diberikan kepada almarhum Abraham Seumel Khouw.

Penghargaan yang sama juga diberikan kepada komunitas Molukka Hiphop Community (MHC) untuk lagu Save Aru.

Ketua Umum Perhimpunan Kanal Maluku, M. Azis Tunny, menyebutkan, penetapan kelima penerima Anugerah Hijau Kanal Rupidara 2021 ini dilaksanakan melalui mekanisme tertutup.

Tim yang dibentuk Perhimpunan Kanal Maluku melakukan seleksi dan penilaian ketat, sampai penetapan akhir.

“Tahun ini, kami punya kategori baru yakni lagu advokasi lingkungan. Sedangkan penghargaan untuk media yang pro lingkungan, kali ini diberikan kepada jurnalis, bukan media,” jelasnya.

Sebelum ini, Perhimpunan Kanal Maluku sudah dua kali memberikan penghargaan kepada para pegiat dan pejuang lingkungan, baik individu maupun lembaga. Anugerah Hijau Kanal Rupidara II tahun 2018 diberikan kepada Gerakan Save Aru Islands, Harian Kabar Timur, Komunitas Green Moluccas, dan penghargaan Lifetime Achievement diberikan kepada almarhum Yanes Balubun.

Pada Anugerah Hijau Kanal Rupidara I tahun 2014, penghargaan diberikan kepada Eliza Kisya, Dominggus Sinanu, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Wilayah Maluku, dan kategori media diberikan kepada LKBN Antara. 

Selain penyerahan Anugerah Hijau Kanal Rupidara, juga diserahkan hadiah lomba kepada 10 karya puisi terbaik bertemakan lingkungan hidup yang diselenggarakan Perhimpunan Kanal sebelumnya. Sebanyak 89 karya puisi yang mengikuti lomba ini dibukukan dalam antologi puisi lingkungan hidup berjudul “Nyanyian Burung Kasturi”. (HS-17).

Pin It on Pinterest