Juni 14, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Eksotisme Pantai Welora Singkirkan Kota Ambon

Eksotisme Pantai Welora Singkirkan Kota Ambon

Keindahan Pantai Welora dilihat dari ketinggian

AMBON, SPEKTRUM – Eksotisme Pantai Welora di Desa Welora Kecamatan Dawelor Dawera Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) mampu menyingkirkan pesona destinasi wisata Kota Ambon.
Keindahan alami Pantai Welora membawa Kabupaten Maluku Barat Daya meraih peringkat pertama kategori Destinasi Wisata Baru pada Anugerah Pesona Indonesia Tahun 2020.

Selama ini ikon pengembangan Pariwisata Maluku selalu didominasi lokasi wisata terpusat di ibukota Maluku dan Kabupaten Maluku Tengah.

Kemenangan Pantai Welora me jadi cambuk bagi Dinas Pariwisata Maluku untuk mengembangkan potensi wisata di kabuoaten dan kota lainnya di Maluku.

Menyongsong pagi di Pantai Welora

Masih ada surga wisata lain di Barat Daya Maluku, Kota Tual, Maluku Tenggara, Kepulauan Tanimbar, Buru, Buru Selatan, Seram Bagian Timur, Seram Bagian Barat, dan wilayah-wilayah lain di Kepulauan Maluku yang perlu dieksplorasi ke luar.

Pejabat-pejabat di Dinas Pariwisata tidak perlu lakukan perjalanan wisata bermodus promosi wisata Maluku ke luar negeri misalnya ke Belanda untuk hadiri Pasar Malam Tong-tong dan lainnya.
Cukup dengan ketulusan dan keseriusan membangun destinasi wisata baru, semua tercapai. Welora mematahkan seluruh ’streotipe’ pengembangan destinasi wisata dengan menghabiskan anggaran daerah ke luar negeri

Kesederhanaan mengelola destinasi wisata dan tetap mengedepankan keseriusan dan ketulusan, membuktikan mampu menghasilkan keberhasilan di kancah Nasional.
Pantai Welora adalah surga kecil yang jatuh persis di ufuk Selatan NKRI di wilayah Maluku.
Welora adalah ’berlian’ di perbatasan NKRI, yang harus dijaga, dirawat dan dipelihara agar keindahannya tetap abadi.

Senja di pantai Welora

Bupati Maluku Barat Daya Benjamin Thomas Noach saat menerima trofi dan plakat anugerah API 2020 menebar senyum sukacita.
Niach mengaku, tak menyangka malam itu menjadi malam indah bagi kariernya sebagai orang nomor satu Bumi Kalwedo, Bumi Orang Basudara ’’Ina Nara Ama Syali’’.
“Saya bangga atas semua ini,’’ ringkasnya di panggung penghargaan.

Noach bertekad menjadikan Welora motivasi bagi desa-desa lain di wilayah Selatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang secara geografis dan geopolitik berdekatan dengan dua Negara, Republik Demokrasi Timor Leste dan Australia.
’’Welora harus jadi contoh bagi desa-desa lain di Maluku Barat Daya. API award 2020 menjadi momentum kebangkitan Maluku Barat Daya dari sektor pariwisata. Sudah saatnya pariwisata menjadi salah satu sektor unggulan pembangunan wilayah Maluku Barat Daya untuk saat ini dan ke depan,’’ tekad Noach.   

Bupati MBD Benyamin Th. Noach di panggung API 2020

Kepala Badan Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Maluku Barat Daya Costner Aswaly mengaku bangga atas pencapaian Desa Welora di API award 2020.
’’Semoga anugerah API 2020 menjadi motivasi bagi desa-desa lain di Maluku Barat Daya dalam mengembangkan destinasi wisata baru yang bernilai jual nasional dan internasional. Bangga menjadi bagian dari Maluku Barat Daya,’’ cetus Aswaly di laman fesbuknya, semalam.

 Aswaly mengakui keberhasilan Kabupaten Maluku Barat Daya di ajang API award 2020 tidak dapat dilepaspisahkan dari kerja keras Pemerintah Kabupaten setempat di bawah pemerintahan Benjamin Thomas Noach.
“Anugerah ini merupakan kado bagi Bupati dan Wakil Bupati MBD yang baru dilantik pada 26 April 2021. Terima kasih banyak untuk dukungan seluruh komponen masyarakat Maluku Barat Daya di mana saja. Saya salut untuk semangat kebersamaan kita semua. Kalwedo,’’ tulis Aswaly. (Tim)

Pin It on Pinterest