Juni 14, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Sempat Hilang, Tim Siaga SAR Khusus, Temukan Nelayan Aru

Sempat Hilang, Tim Siaga SAR Khusus, Temukan Nelayan Aru

AMBON, SPEKTRUM– Satu longboat berpenumpang dua orang nelayan, dilaporkan mati mesin dan terombang-ambing di sekitar perairan Pulau Lau-lau, Kabupaten Kepulauan Aru.

Dikutip dari siaran pers Basarnas Ambon dini hari tadi, (9/5/2021), longboat beserta dua nelayan, Kamis Gaulap dan Eko Supardi tersebut akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat.

Sebelumnya, informasi dari Basarnas Ambon menyampaikan, disela-sela patroli Siaga SAR Khusus, Unit Siaga SAR Dobo menerima informasi dari Kamis Goulap yang melaporkan adanya satu longboat bersama dua nelayan dari Pulau Gomar Meti tujuan Dobo mengalami mati mesin dan terombang ambing di sekitar perairan Pulau Lau-lau Kab, Kepulauan Aru pada pukul 15.30 WIT.

Pukul 16.15 WIT satu tim penyelamatan Unit Siaga SAR Dobo diberangkatkan menuju lokasi dengan koordinat duga 05®57’45,49’’ S – 134®14’37’’ T, jarak darat ± 12 kilometer, jarak laut ±8,15 Nautical Mile (NM), Heading 172,69® Selatan dari Unit Siaga SAR Dobo.

Sampai pukul 18.00 WIT Tim Recuer Unit Siaga SAR Dobo belum juga menemukan tanda-tanda keberadaan korban, hingga akhirnya pada pukul 19.30 WIT Tim Rescue Unit Siaga SAR Dobo berhasil menemukan Longboat tersebut dengan kondisi kedua korban selamat.

Longboat tersebut di temukan ± 12 Nautical Mile (NM) dari Pantai Warmar, tepatnya di depan Perairan Pulau Babi Kabupaten Kepulauan Aru dengan Koordinat 5°58`194“ S – 134°16`190“ E.

Kedua korban langsung dievakuasi Tim Rescue Unit Siaga SAR Dobo menuju Dobo dengan selamat.

Pukul 22.00 WIT, Tim Rescue Unit Siaga SAR Dobo tiba di Pelabuhan Dobo dengan selamat beserta kedua korban.

Dengan ditemukannya korban selamat, Operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup. Seluruh unsur yang terlibat dikembalikan ke satuannya masing-masing. (HS-17).

Pin It on Pinterest