May 7, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Lima Pesan Gubernur Untuk Bupati dan Wakil Bupati MBD

Lima Pesan Gubernur Untuk Bupati dan Wakil Bupati MBD

Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Drs. Murad Ismail melantik Benyamin Thomas Noach, S.T dan Drs. Agustinus Lekwardai Kilikily, M.Si sebagai Bupati dan Wakil Bupati Maluku Barat Daya yang berlangsung di Aula Lantai 7 Kantor Gubernur Maluku, Senin (26/04/2021). /humas MBD

AMBON, SPEKTRUM – Gubernur Maluku Murad Ismail menyampaikan lima pesan penting bagi pasangan Benjamin Thomas Noach dan Agustinus Lekwarday Kilikily sebagai Bupati dan Wakil Bupati Maluku Barat Daya yang dilantik, Senin (26/4/2021) di Aula Lantai VII Kantor Gubernur Maluku, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Kelima pesan yang disampaikan mantan Dan Kakor Brimob Pesan penting itu adalah, pertama, saat ini masih berada dalam pandemi Covid-19 karena itu program vaksinasi sebagai program prioritas nasional harus ditindaklanjuti di daerah kabupaten kota.

Kedua, pemerintah telah mengeluarkan larangan mudik pada perayaan Idul Fitri tahun ini.

“Saya berharap Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya dan pemerintah kabupaten kota lainnya di Maluku segera menyiapkan regulasi tindaklanjut melalui surat edaran kepala daerah sesuai kondisi daerahnya masing-masing,” tandas Gubernur.

Selanjutnya Ketiga, tugas sebagai kepala daerah adalah menurunkan angka kemiskinan dan mensejahterakan masyarakatnya serta menjaga sumber daya alamnya.

Keempat, implementasi Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN) saat ini telah berada pada tahap perencanaan dan pembangunan Ambon New Port yang rencananya akan berfungsi pada akhir 2023 dan pada awal 2024.

“Saya berharap ini akan menjadi peluang pengembangan ekonomi rakyat di Maluku tidak terkecuali di Kabupaten Maluku Barat daya,” sebut Gubernur.

Dan kelima, sebagai pimpinan daerah harus merubah mindset atau cara berpikir jajaran birokrasi daerah agar bekerja lebih efektif, efisien dan berkinerja baik serta selalu melakukan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dengan DPRD sebagai mitra kerja, lembaga yudikatif, aparat keamanan TNI Polri instansi vertikal, instansi swasta, ormas-ormas serta elemen masyarakat MBD lainnya.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada KPU, Bawaslu dan TNI Polri bahkan dan masyarakat MBD yang telah mengawal tahapan Pilkada sampai dengan pelantikan di hari ini.

Akhirnya kepada saudara bupati dan wakil bupati saya ucapkan selamat atas kepercayaan yang diterima dan selamat bertugas, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa meridohi seluruh kerja keras dan pengabdian bagi bangsa negara dan provinsi Maluku yang kita cintai,” ucap Gubernur.

Pelantikan Noach dan Kilikily berdasarkan SK Menteri Dalam Negeri (Mengadri) Nomor: 131.81-991 dan Nomor: 131.81-992 tahun 2021 tanggal 9 April 2021.

“Saya melantik pasangan Bupati dan Wakil Bupati MBD terpilih terpilih karena mereka mendapatkan kepercayaan dari mayoritas masyarakat Maluku Barat Daya.  Ada kata bijak yang mengatakan setiap orang ada masanya dan setiap masa ada orangnya,” tandas Gubernur.

Gubernur mengatakan, hidup ini seperti bermain sandiwara yang tidak mempunyai judul dan babak.

“Kapan kita harus jadi pemeran utama, kapan harus jadi penonton hanya kita yang tahu. Karena orang yang berhasil di lapangan adalah orang yang pandai membaca situasi. Bukan orang jago dan bukan orang pintar. Jadi orang harus pandai dan cerdas dan jangan merasa benar sendiri dan jangan juga cengeng,” ungkap Gubernur.

Untuk menjadi orang hebat, harus rendah hati, jangan sombong dan selalu merasa cukup. Karena orang yang merasa cukup akan selalu bersyukur, serta jauhkan dari hal yang samar-samar dan terakhir luruskan niat.

“Inilah waktu pemberian Tuhan kepada saudara-saudara untuk memimpin MBD. Sebaliknya sebagai stakeholder instansi pemerintah dan swasta, Pimpinan Parpol, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan elemen masyarakat lainnya. Berkewajiban mendukung dan mensukseskan agenda penyelenggaraan pemerintahan pembangunan dan pelayanan public,” tegas Gubernur.

Usai pelantikan dilanjutkan dengan pelantikan Tim Penggerak PKK Kabupaten MBD oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku, Ny Widya Pratiwi Murad. (HS-16)

Pin It on Pinterest