Juli 28, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Polsek Teluti, Baileo Presisi Polres Malteng Diresmikan Kapolda Maluku

Polsek Teluti, Baileo Presisi Polres Malteng Diresmikan Kapolda Maluku

Kapolda Maluku, Irjen Pol Refdi Andri, didampingi Bupati Malteng, Tuasikal Abua dan Kapolres Malteng, AKBP Rositah Umasugi, saat menandatangani prasasti Peresmian Baileo Presisi Polres Malteng, Selasa (06/04/2021).

MASOHI,SPEKTRUM-Kapolda Maluku, Irjen Pol Refdy Andri, Selasa (06/04/2021) di Masohi, meresmikan Kepolisian Sektor (Polsek) Telutih, sekaligus meresmikan Baileo Presisi plus Launching Aplikasi Nusa Ina yang digagas Kapolres Maluku Tengah (Malteng) AKBP Rositah Umasugi.

“Saya merasa bahagia dan bangga dengan apa yang dilakukan Malteng. kegiatan yang didesain ini berjalan sekali dalam satu tempat. Saya sebut ini Three In One Plus. Three In One itu Pengukuhan Polsek Telutih, Peresmian Baileo Presisi atau ruang pelayanan terpadu dan launching aplikasi pelayanan yang dinamakan aplikasi Nusa Ina,” kata Kapolda.

Kapolda juga  mengapresiasi dukungan warga Laimu, Kecamatan Teluti, Kabupaten Malten,,  yang telah mengikhlaskan sebidang tanah untuk pembangunan Kantor Polsek baru di Kecamatan yang merupakan perbatasan Kabupateng Maluku Tengah dengan Kabupaten SBT  itu.

Pengukuhan Polsek Telutih, sebagai Polsek yang baru dan Kapolseknya sudah dilantik dan tersedia personil. Tanah warga dihibahkan kepada kami adalah penghargaan masyarakat untuk dibangun Polsek guna pelayanan masyarakat, pelayanan penegakan hukum, dan tegakan keadilan. Ini bentuk kecintaan warga terhadap institusi Polri, “ ungkapnya.

Pengukuhan Polsek Telutih, kata Refdi, telah melewati serangkaian proses verifikasi dan studi kelayakan untuk memastikan telah terpenuhinya kriteria dan persyaratan meliputi perkembangan jumlah penduduk, perkembangan gangguan kamtibmas serta kecenderungannya, kesiapan jumlah personel riil, maupun dukungan dari masyarakat dan pemerintahan daerah setempat.

“Pengukuhan polsek telutih juga membawa konsekuensi pada penambahan jumlah personel Polri secara kuantitas. Hal ini hendaknya dapat diimbangi dengan peningkatan kualitas sumber daya personil polri, yang nanti ditempatkan di Polsek Telutih,” terangnya.

Sebelum pengukuhan Polsek Telutih, Kapolres Malteng AKBP Rositah Umasugi,  telah melantik Ipda Elisa Berhitu sebagai Kapolsek Telutih secara definitif  setelah peningkatan status Polsubsektor Laimu di Kecamatan Telutih ini ditetapkan menjadi Polsek.

Dalam kunjungan ke Polres Malteng itu, Kapolda juga memberikan penghargaan kepada Bripka Irawan Karepesina, atas prestasinya memberikan pesan Kamtibmas lewat mimbar Jumat yang ia sampaikan di 168 mesjid yang tersebar di wilayah hukum Polres Malteng.

Plusnya, itu pemberian penghargaan kepada Bripka Irawan yang telah mengabdikan diri selain dalam tugas utama, tapi sudah berceramah dan jadi imam pada 168 Masjid. Ini lampaui tugas dan luar bisa” kata Refdi.

Sementara itu Bupati Malteng, H. Abua Tuasikal, dalam sambutannya mengatakan, peran polri dalam Presisi merupakan harapan masyarakat. Sehingga pengukuhan Polsek Telutih, peresmian gedung Bileo Presisi dan launching aplikasi Nusa Ina patut diberikan apresiasi.

“Secara umum situasi pembangunan di kabupaten Malteng berjalan aman dan lancar dan itu tidak terlepas dari sinergitas, dukungan dan kerjasama antar semua instansi,” kata dia.

Peresmian yang berlangsung di gedung Bhayangkara Polres Malteng ini, selain dihadiri Bupati Malteng H. Abua Tuasikal, juga Wakil Bupati Malteng Marlatu L. Leleury, Dandim 1502 Letkol Inf Nunung Wahyu Nugroho, Kepala Kejari Malteng, Agustinus Mangontan, Ketua Pengadilan Negeri Masohi Agus Ardianto, dan sejumlah tokoh agama, masyarakat, adat, pemuda.

Kedatangan orang nomor satu di Polda Maluku ini didampingi Irwasda Kombes Pol Raden Heru Prakoso, Karo Ops Kombes Pol Antonius Wantri, Karo Logistik Kombes Pol Chairul Azis, Karo SDM Kombes Pol Muhammad Yusup, Kapolres Malteng AKBP Rositah Umasugi dan Koorspripim Polda Maluku Kompol Dennie Andreas. (TIM)

Pin It on Pinterest