Connect with us

Berita Utama

Rp 5 Triliun Investasi Pembangunan Ambon New Port

JAKARTA, SPEKTRUM – Investasi untuk Ambon New Port mencapai Rp5 triliun. Pemerintah akan menggunakan skema pembiayaan kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Pemerintah pun akan melakukan lelang KPBU setelah pembebasan lahan dan pembangunan infrastruktur dasar. “Setelah itu pemerintah akan melakukan lelang KPBU, kerja sama antara pemerintah dengan swasta yang investasinya kurang lebih Rp5 triliun. Tahap awal untuk Rp1,3 triliun.
Demikian dikemukakan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Senin (29/3/2021).
Dikatakan, pemerintah akan mulai membebaskan tanah 200 hektare dan mempersiapkan infrastruktur dasar, pembangunan Pelabuhan Ambon Baru atau Ambon New Port tahun ini.
“Pemerintah akan mulai membebaskan tanah 200 hektare dan mempersiapkan infrastruktur dasar,” katanya.

Suasana Ratas di Istana Presiden yang dihadiri Gubernur Maluku

Lebih lanjut kawasan tersebut akan dikembangkan menjadi 900 hektare, sekitar 700 hektar akan dibebaskan oleh pihak swasta.

“Selain itu kami juga membahas bahwa masa pembangunan itu selama dua tahun. Tetapi kita ingin merestruktur cara-cara penghitungan penangkapan ikan. Sehingga untuk dua tahun ini kita bisa memfungsikan dua pelabuhan yang ada di Ambon. Satu adalah Pelabuhan Yos Sudarso yang ada di Ambon, yang kedua adalah Pelabuhan Perikanan Nusantara yang juga belum optimal,” paparnya.

Terkait hal ini Budi mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar hal ini dipersiapkan dengan baik. “Kami bekerja sama dengan Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan melalui SMI, memberikan suatu konsultasi pada kami,” pungkasnya. (Tim)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Utama