Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Proyek Cek Dam Milik Balai Sungai di Ahuru Rusaki Lingkungan

Proyek Cek Dam Milik Balai Sungai di Ahuru Rusaki Lingkungan

AMBON, SPEKTRUM – Proyek pembangunan Cek Dam milik Balai Wilayah Sungai Maluku yang dibangun di Ahuru, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, rusaki dan cemarkan lingkungan sekitar.

Ketua Presidium PMKRI Cabang Ambon, Urbanus Metintowat, kepada Wartawan, di Ambon, kemarin menuturkan, bahwa pihaknya sementara mengadvokasi persoalan kerusakan jalan dan lingkungan akibat pengelolaan proyek Cek Dam yang berlokasi di Dusun Ahuru, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, oleh Balai Wilayah Sungai Maluku dan PT. Diyan Nugraha Saotanre.

Dia menegaskan, persoalan ini harus menjadi perhatian serius. Mengingat secara historis, jalan yang rusak akibat mobilisasi menuju proyek, merupakan jalan yang dibangun oleh Keuskupan Amboina untuk kepentingan masyarakat Ahuru. Sehingga sangat disayangkan, jika kerusakan justru akibat proyek milii Balai Sungai.

“Dampaknya tidak hanya pada jalan. Tetapi juga lingkungan, sehingga masyarakat sekitar menjadi kesulitan memperoleh air bersih. Dan ini menjadi keresahan warga,”tandasnya.

Apalagi, sambungnya, hingga saat ini, pihak Balai Sungai Wilayah Maluku dan rekannya itu, belum melakukan sosialisasi tentang AMDAL kepada masyarakat Ahuru terkait dengan pembangunan Cek Dam tersebut.

“Sampai saat ini, Balai Sungai belum ada sosialisasi soal AMDAL sebagai analisa pembangunan dan pengaruhnya terhadap lingkungan sekitar,”cetusnya.

Terkait dengan AMDAL, patut diduga, bahwa kepemilikan belum dikantongi oleh Balai Sungai dan rekannya. Pasalnya, sejak dibangunnya proyek tersebut, tidak ada sosialisasi yang dilakukan kepada masyatakat. Khususnya soal AMDAL itu sendiri. (HS-19)

Pin It on Pinterest