Connect with us

Ragam

Gandeng Puskesmas Siwalima, Satgas TMMD 110 Berikan Penyuluhan Kesehatan

ARU, SPEKTRUM – Gandeng Puskesmas Siwalima, Satgas TMMD ke-110 TA 2021 Kodim 1503/Tual, berikan penyuluhan kesehatan bagi masyarakat

Kompleks Kampung Baru, Kelurahan Siwalima, Kota Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru. Atau  tepatnya di lokasi pembangunan drainase oleh TMMD ke-110, Rabu (24/03/2021).

Dalam rilis yang diterima Spektrum, Kamis (25/3/2021), Dandim 1503/Tual Letkol Inf. Mario Christian Noya dalam sambutannya yang dibacakan Danramil 1503-04/Jerol Kapten Inf. Dody Masawoy menjelaskan, penyuluhan kesehatan difokuskan pada pencegahan penularan covid-19.

“Jadi tidak hanya kegiatan fisik semata. Namun disela kegiatan fisik, anggota Satgas TMMD juga menggelar kegiatan non fisik. Diantaranya adalah penyuluhan tentang pencegahan dan penanganan stunting dan covid-19,”ujarnya.

Mengingat pentingnya penyuluhan tersebut, tidak lupa dia menyampaikan terima kasih kepada warga yang telah mengikuti kegiatan dimaksud.

Menurutnya, masyarakat harus paham akan pentingnya asupan makanan bergizi untuk ketahanan tubuh dan baik untuk anak agar terhindar dari stunting.

“Karena itu, dimulai dari sekarang, kita bersama-sama memperhatikan gizi anak, agar nantinya mereka tumbuh dengan sehat,”tuturnya.

Sementara itu, dr. Rianto Siagian dari Dinas Kesehatan (Dinkes) melalui Puskesmas Siwalima juga menambahkan, masalah stunting adalah kondisi yang menunjukkan kekurangan gizi kronis yang terjadi selama periode paling awal pertumbuhan dan perkembangan anak.

Dampak stunting sendiri dapat mempengaruhi anak sejak usia dini hingga dewasa.

“Dalam jangka pendek, stunting pada anak menyebabkan terganggunya perkembangan otak, metabolisme tubuh, dan pertumbuhan fisik. Bahkan, dampak stunting pada anak juga dapat menyebabkan kecerdasan dibawah rata-rata, sehingga prestasi belajar anak tidak bisa maksimal,”jelasnya.

Selain itu, soal sistem imun tubuh anak menjadi tidak baik, sehingga mudah sakit, serta rentan menderita penyakit. Itu bagian dari dampak buruk stunting pada anak yang dapat menghantui hingga usia tua. Karena itu, kondisi ini sangat penting untuk dicegah.

Pada kesempatan itu, dr. R Segian  juga menyampaikan, bahwa dalam waktu dekat, masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru juga akan mendapatkan vaksin covid-19.

“Kita harapkan kepada masyarakat nanti kalau sudah ada jadwal vaksin, tidak perlu ragu, karena vaksin yang diberikan itu sudah dilakukan uji klinis dan halal,”tandasnya. (HS-19)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Ragam