Agustus 2, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Emola Lecehkan Perempuan Lewat Lagu, Aktivis Perempuan Protes Keras

Emola Lecehkan Perempuan Lewat Lagu, Aktivis Perempuan Protes Keras

AMBON, SPEKTRUM– Penyanyi Ambon yang berdomisili di Jakarta, Emola diprotes keras sejumlah aktivis perempuan lantaran lagu ciptaannya sangat melecehkan dan mengukuhkan stigma yang merugikan perempuan.

Lewat rilis yang diterima redaksi Spektrum, Senin (15/3/2021), Koordinator Suara Milenial Maluku (SMM), Katrin Wokanubun mengaku tidak mengerti, mengapa lirik lagu berjudul “Ale Itu Lonte” pada channel youtube, yang isinya menceritakan tentang seorang lelaki yang jatuh cinta pada seorang gadis cantik, sopan dan romantis. Berharap berjodoh dengannya, hingga telah memperkenalkannya pada orang tua. Namun lelaki itu merasa dibohongi karena pada suatu malam tanpa sengaja mendapatinya sedang berada di jalan dan mengatakan:  “ternyata kamu itu lonte”.

Ada juga penggalan kalimat yang lebih mengejutkan, “Atas tatutup bawah tabuka”. Ia tidak mengerti, mengapa pencipta lagu itu memilih judul yang demikian vulgar dan merangkai kata-kata yang sexis dan melecehkan perempuan dalam lirik yang cukup panjang.

Katrin Wokanubun, Koordinator Suara Milenial Maluku (SMM)

“ Apa yang salah dengan perempuan yang masih ada di jalanan pada malam hari atau bahkan tengah malam. Apapun pekerjaannya itu hak dia, tak ada yang boleh memberi cap apapun,” kata Katrin Wokanubun yang selama 1 tahun terakhir gencar mendorong pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual.

Pin It on Pinterest