Spektrum

Bersama Membangun Negeri

GANN Desak Kasus WZW Segera Dirilis

GANN Desak Kasus WZW Segera Dirilis

AMBON, SPEKTRUM – Setelah ditetapkan sebagai tersangka penggunaan narkoba mestinya kasus WZW anggota DPRD Maluku dirilis secara resmi seperti tersangka lainnya pada kasus yang sama.

Ketua LSM Generasi Anti Narkotika Nasional (GANN) Hidayat Samalehu menegaskan sebagai aparat penegak hukum, mestinya aparat kepolisian merilis WZW seperti yang lainnya.
“Harusnya, hal ini dilakukan agar beri kepuasan ke publik, apalagi yang bersangkutanmpejabat publik,” kata Hidayat Samalehu kepada Spektrum, Jumat (12/03/2021).

Menurutnya, setelah ditetapkan sebagai tersangka maka hak imunitas WZW sebagai pejabat tidak berlaku dan harus diberlakukan sama dengan pelaku atau tersangka lainnya.
“Bukan karena dia pejabat publik lantas pihak kepolisian terkesan mendiamkan kasusnya. Sebagai organisasi pegiat anti narkotika hal ini jadi perhatian kami,” katanya.

Samalehu menambahkan, sejak awal GANN siap mengawal kasus ini agar jadi perhatian pejabat publik lainnya. Namun jika ini terindikasi ada pembiaran maka akan menjadi preseden buruk bagi aparat penegak hukum.
“Polres Ambon harus terbuka, karena ini bagian dari pengkhianatan amanah masyarakat Maluku oleh anggota DPRD Maluku,” jelasnya.

Sementara itu, Kasat Resnarkoba Polres Ambon, Jufry Djawa yang dihubungi Spektrum menjelaskan, pihaknya telah siap rilis namun tertunda akibat kesibukan Sat Reskrim. “Kami telah siap untuk mengekspose kasus ini pada Kamis (11/03/2021) namun banyaknya kegiatan jadi ditunda, saat ini kami sementara menunggu kesiapan Sat Reskrim. Akhirnya data yang telah kami siapkan dibagi ke media,” kata Jufry yang dihubungi Spektrum via ponselnya, Jumat (12/03/2021).

Kasat Resnarkoba Polres Ambon, AKP Jufry Djawa

Untuk diketahui, WZW diamankan anggota Sat Narkoba Polres Ambon pada Senin (8/03/2021) di Bandara Pattimura Ambon bersama barang bukti satu buah Cangkulan (alat pengisap sabu).

Pada ujung Cangkulan tersebut terdapat endapan narkotika jenis sabu.
Hasil pemeriksaan urine yang bersangkutan positif mengandung methampethamine.
“Selain itu pemeriksaan terhadap WZW, yang bersangkutan mengakui menggunakan sabu pada Sabtu (06/03/2021) di Jakarta,” katanya.

Pengakuan WZW juga diperkuat dengan hasil pemeriksaan laboratorium forensik Polri di Makassar, alat bukti yang ditemukan bersamanya positif mengandung narkoba golongan I. (Tim

Pin It on Pinterest