Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Ironis, Pembuangan Limbah Corona di TPA Tual Ternyata Sudah Setahun

Ironis, Pembuangan Limbah Corona di TPA Tual Ternyata Sudah Setahun

AMBON, SPEKTRUM – Ironis, pembuangan limbah medis Covid-19 di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang terletak di Kecamatan Pulau Dulah Utara itu, ternyata dilakukan sejak tahun 2020. Itu berarti, temuan limbah Corona seperti diberitakan kemarin, bukan kali pertama.

Limbah yang diduga berasal dari Rumah Sakit, Klinik, Puskesmas atau fasilitas layanan kesehatan lainnya di wilayah Kota Tual itu, sudah berulang kali dibuang di TPA tersebut.

Bahkan kuat dugaan, limbah Covid-19 itu, justru dibuang oleh tim medis yang ada di wilayah Kota Tual itu sendiri. Pasalnya, limbah tersebut diangkut dan dibuang menggunakan mobil Ambulance.

Baca juga: Di Tual, Limbah Corona Dibuang di TPA

Salah satu warga sekitar TPA, yang dihubungi Spektrum, via telepon seluler, Kamis (4/3) mengaku, pihaknya melihat sendiri pembuangan limbah berbahaya itu. Dia bahkan menegur dan terjadi adu mulut. Bahkan beberapa kali, dirinya pernah meminta orang yang membuang limbah itu untuk membakar limbah tersebut namun tidak dihiraukan.

Limbah B3

“Sudah berulang kali dibuang disini (TPA), sejak 2020. Kita sudah sering menegur, bahkan saya pernah meminta mereka membakar sendiri limbah itu. Satu kali dibakar, seterusnya mereka tidak lagi bakar,”ungkap Sumber Spektrum.

Pin It on Pinterest