Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Ekspesi Buat Dakwaan Thenu

Ekspesi Buat Dakwaan Thenu

AMBON, SPEKTRUM – Adolf Seleky kuasa hukum Izack B. Thenu salah satu tersangka pada kasus reverse repo Bank Maluku- Maluku Utara (Mamalut), ajukan eksepsi. Ini dilakukan karena kasusnya sudah diadili di Pengadilan Negeri Jakarta.

Thenu yang didakwa merugikan negara senilai Rp 238,5 miliar pada kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam penjualan dan pembelian (reverse repo) surat-surat hutang/obligasi pada Kantor Pusat PT. Bank Maluku-Maluku Utara tahun 2011 hingga 2014. Pada kasus tersebut, Thenu tidak sendirian namun bersama mantan Plh. Direktur Bank Mamalut, Idrus Rolobessy.

Pada persidangan, Jumat (26/02/2021) sidang Thenu dan Rolobessy kembali bergulir dipimpin Pasti Tarigan selaku hakim ketua didampingi dua hakim anggota.  Dan, kuasa hokum Thenu, Adolof Seleky ajukan eksepsi  atau keberatan terhadap dakwaan Jaksa.

Menurut Seleky, perlu dilakukan eksepsi terhadap dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Maluku akibat dari penerapan Pasal 2 dan Pasal 3 UU Tipikor terhadap Thenu. Padahal, kasus ini sudah bergulir sebelumnya dalam ranah pidana umum di PN Jakarta dan terdakwanya Andre Rukminto dihukum 18 tahun penjara.

“Ya, kita eksepsi. Agendanya nanti 5 Maret 2021. Upaya ini kita lakukan lantaran kasus ini, pelaku utamannya sudah dihukum dalam perkara pidana umum di PN Jakarta. Kasus ini pidana umum, masa harus ke korupsi dan kepada klien kami,” terang Seleky yang dihubungi Spektrum, Minggu (28/02/2021).

Pin It on Pinterest