Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Pemkot Berlakukan Alat ThermalScan Untuk Deteksi Corona

Pemkot Berlakukan Alat ThermalScan Untuk Deteksi Corona

AMBON, SPEKTRUM – Pemerintah Kota Ambon mulai memberlakukan alat CCTV ThermalScan untuk mendeteksi Covid-19 dalam tubuh.

Ini merupakan cara baru untuk mendeteksi virus dalam tubuh dengan membaca suhu tubuh.

Kepala Bidang Penyelenggaraan e-Government Diskominfo Kota Ambon, Sulian Sedubun, kepada wartawan, di Ambon, kemarin mengatakan, penggunaan alat ini berlaku saat operasi yustisi oleh petugas Gustu Kota Ambon. Dan telah dimulai hari ini Kamis (25/2/2021), di Jalan dr Sitanala Ambon.

“Saat operasi yustisi, kita bisa memantau kondisi suhu badan para pengguna jalan. Jika ada yang terlacak, maka kita bisa mengambil tindakan lanjutan. Ini salah satu langkah untuk menentukan apakah seseorang itu terindikasi Covid atau tidak. Ini merupakan salah satu langkah antisipatif,” jelasnya.

Dia menjelaskan, ThermalScan dapat membedakan suhu tubuh seseorang karena pengaruh panas sinar matahari atau suhu tubuh dari dalam. Karena sistem dan tools yang digunakan bisa melacak dengan baik.

“Kalaupun internal, kita akan men-scan ulang, beberapa saat setelah meminta orang tersebut berteduh,ā€¯jelasnya.

Menurutnya, ini sistem baru yang dikembangkan Pemkot Ambon dalam rangka melakukan tracing ataupun tracking terhadap Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19 di Kota Ambon. Karena alat ini dilengkapi sensor yang dapat mendeteksi suhu tubuh setiap orang dalam suatu kerumunan masa.

Penggunaan ThermalScan ini juga lanjutnya, digunakan di bandara, terminal, stasiun, mall, perkantoran, pabrik, dan sebagainya.

“Alat ini tentu sangat membantu pihak terkait  untuk memantau suhu tubuh setiap orang yang keluar masuk tempat umum tersebut. Dalam fungsi memutus rantai penyebaran Covid-19, sangat membantu semua pihak dalam mendeteksi setiap orang yang memiliki suhu tinggi,” jelasnya. (HS-19)

Pin It on Pinterest