Spektrum

Bersama Membangun Negeri

26 Februari, Dua Bupati Dilantik Gubernur Maluku

26 Februari, Dua Bupati Dilantik Gubernur Maluku

AMBON, SPEKTRUM – Jumat (26/2/2021) Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Murad Ismail, rencananya akan melantik pasangan Abdul Mukti Keliobas-Idris Rumalutur sebagai Bupati dan Wakil Bupati Seram Bagian Timur (SBT) periode 2021-2026.

Selain melantik Bupati SBT. Gubernur juga akan melantik pasangan Johan Ngonga-Muin Sogalrey sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Aru untuk masa periode yang sama.

Hal ini dikatakan Kepala Biro Pemerintahan Setda Maluku Dominggus Nicodemus Kaya melalui rilis   Humas Maluku yang diterima redaksi Spektrum, Rabu (24/2/2021).

Menurut Kaya, pelantikan ini berdasarkan arahan Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian dan pelantikan akan dilaksanakan serentak,  pukul 16.00 WIT menggunakan metode daring dan luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Perlu menjadi perhatian semua pihak bahwa seluruh rangkaian acara pelantikan memperhatikan penerapan protokol kesehatan ketat sehingga peserta yang menghadiri pelantikan secara langsung sangat dibatasi dan diseleksi petugas dengan aturan Prokes Covid-19 maupun protokoler yang berlaku,” ujar Kaya.

Dia menjelaskan, agenda pelantikan secara Luring (Luar jaringan) berlangsung di lantai 7 Kantor Gubernur Maluku dan pengaturan peserta dari kabupaten masing-masing diutamakan kepada pihak yang terlibat langsung dengan agenda pelantikan saja.

Sedangkan Forkopimda, anggota DPRD, pimpinan OPD, partai pendukung, tim sukses dan yang lainnya di lingkup kabupaten, diharapkan dapat mengikuti secara Daring (Dalam jaringan) melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming  aplikasi YouTube Pemerintah Provinsi Maluku yang akan dibagikan.

Dia menambahkan, setelah agenda pelantikan pasangan bupati akan dilanjutkan dengan pelantikan ketua TP-PKK Kabupaten dan Ketua Dekranasda Kabupaten oleh Widya Pratiwi selaku Ketua TP-PKK Provinsi dan Ketua Dekranasda Provinsi.

KPU Kabupaten Kepulauan Aru sebelumnya telah menetapkan pasangan Johan Gonga dan Muin Sogalrey sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2021-2026. Penetapan tersebut dalam rapat pleno terbuka yang berlangsung di Gedung Kesenian Sita Kena, Dobo, Senin (22/2/2021). Rapat pleno dipimpin Ketua KPU Aru, Mustafa Darakay, didamping empat anggota dan sekretaris KPU Aru, Agustinus Ruhulessin.

Di Kabupaten SBT, KPU resmi menetapkan pasangan Abdul Mukti Keliobas dan Idris Rumalutur sebagai Bupati dan Wakil Bupati SBT Periode 2021-2026. Penetapan dilakukan dalam rapat pleno terbuka yang berlangsung di kantor KPU SBT, Senin (22/2/2021).

Rapat dipimpin Ketua KPU SBT, Kisman Kelian, dihadiri Komisioner KPU Taip Wansi, Amnun Naqib, Hader Boften dan Hidayat Kelilauw, Ketua Bawaslu Provinsi Tuty Usman, Ketua Bawaslu SBT Supardjo Rustam Rumakamar beserta anggota, Calon Wakil Bupati Idris Rumalutur, dan partai pendukung Paslon ADIL (HS.17).

Pin It on Pinterest