Juni 24, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Warga Inamosol: Terima Kasih Gubernur Maluku

Warga Inamosol: Terima Kasih Gubernur Maluku

AMBON, SPEKTRUM – Kini masyarakat di Kecamatan Inamosol, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) mulai merasakan pembangunan jalan. Selama ini beberapa Dusun di Negeri Hunitetu tidak merasakan manfaat pembangunan jalan dengan baik.

Pergantian kepala pemerintahan dari waktu ke waktu, masyarakat Inamosol menginginkan pembangunan jalan, karena berada pada daerah pegunungan. Namun, harapan itu tak kunjung datang. Setelah dijabat Murad Ismail sebagai Gubernur Maluku, sarana jalan sudah dapat dinikmati di tahun 2021 ini.

Warga di Dusun Hursana, Dusun Sokawati, dan di Negeri Hunitetu sendiri merasa bersyukur dan berterima kasih sekali dengan adanya pembangunan sarana jalan. Dan jalan yang dibangun juga di-hotmix. Mereka berterima kasih kepada pa Gubernur Maluku, Murad Ismail, yang telah memperhatikan dan memperlanjar sarana jalur transportasi darat dimaksud.

“Kami selama ini, bahkan berpuluh-puluh tahun tidak pernah menikmati jalan sebagus ini. Kan jalan ini di-hotmix. Jadi, dibukanya sarana transportasi darat berupa jalan, kami berterima kasih kepada pa Gubernur Maluku yang telah memperhatikan kami di daerah pegunungan, Kecamatan Inamosol ini,” akui Bidan Noor Pattiasina saat ditemui di Puskesmas Inamosol pekan kemarin.

Jalan di Kecamatan Inamosol dapat memperpendek rentang kendali di semua bidang, misalnya Bidang Kesehatan. Karena sebelum ada jalan hotmix, tim medis dari Puskesmas saat memberi pelayanan kesehatan sangat memakan waktu, bahkan ada pasien ibu hamil harus bertaruh nyawa untuk mendapat pertolongan medis. (Foto: Spk)

Bidan Pattiasina ini menuturkan, sebelum dibangun jalan yang bagus ini, para Mantri, Suster dan Bidan di Puskesmas Inamosol merasa kesulitan mengangkut pasien yang mengalami sakit dan membutuhkan pertolongan medis.

“Kalau masyarakat ada yang sakit, kami merasa kesulitan. Jalan tidak memadai, rusak dan banyak semak, membuat perjalanan sulit. Apalagi kalau ada ibu-ibu hamil dan membutuhkan pertolongan secepatnya. Namun, dengan adanya jalan aspal (hotmix-red) ini, sangat membantu dan mendukung pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Sekali lagi kami sampaikan terima kasih kepada berbagai pihak dan terutama Gubernur Maluku, pa Murad Ismail yang sudah memperhatikan kami di daerah terpencil di daerah pegunungan Inamosol ini,” tutur Bidan yang tinggal di Dusun Sokawati sejak 2002 ini.

Menurutnya, Tokoh Agama, Pendeta G. Pesireron sempat bercerita kalau Tuhan telah menjawab doanya dan juga doa-doa Jemaat di Kecamatan Inamosol yang ada di daerah pegunungan tersebut.

“Ini adalah jawaban Tuhan kepada kami masyarakat dan jemaat di Kacamatan Inamosol ini. Selama ini kami berada dalam keterpurukan dan menikmati jalan rusak. Tetapi dengan adanya pembangunan jalan yang diaspal bagus (hotmix-red), Tuhan telah menjawab doa-doa kita selama ini,” kata Pattiasina mengutik percakapan Pendeta Pesireron yang katanya, Pendeta Pesireron sampai meneteskan air mata.

Selain itu, Dessy Salamor yang kurang lebih 13 tahun mengabdi di Dusun Hursana ini juga merasa berterima kasih kepada pa Gubernur, Murad ismail dan juga semua pihak yang telah memperhatikan masyarakat di dusun-dusun di daerah pegunungan Kecamatan Inamosol ini.

“Saya selama hampir 13 tahun mengabdi di Kecamatan Inamosol ini, tidak permah menikmati jalan sebagus ini. Dulunya jalan rusak dan tidak terurus dari pemerintah-pemerintah sebelumnya. Namun, saat ini kami telah merasakan dan menikmati jalan yang begitu bagus dan mulus. Kami tetap mendukung, dan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah memperhatikan kami. Terutama pa Gubernur Maluku, Murad Ismail dengan program peduli masyarakat terpencil ini,” akui Salamor yang tinggal di Dusun Hursana tersebut.

Jalan menuju Kecamatan Inamosol, Kabupaten SBB sementara dikerjakan, dan akan di-hotmix. (Foto: Spk)

Sementara Warga Sokawati, Henny de Lima turut menaruh harapan besar kepada pemerintah di bawah kepemimpinan Gubernur Maluku, Murad Ismail bahwa program pembangunan jalan di Kecamatan Inamosol di daerah pegunungan akan sampai ke Negeri induk di Hunitetu nantinya.

“Ini memang patut disyukuri. Karena selama pergantian pemerintahan, ‘katong’ di daerah pegunungan ini ‘seng’ pernah menikmati jalan sebagus ini. Memang saat ini baru diselesaikan sebagian yang telah diaspal (hotmix-red). Tapi masih ada pembongkaran jalan lagi untuk di-hotmix hingga sampai di Negeri Hunitetu. Ini harapan kami masyarakat di daerah pegunungan Kecamatan Inamosol. Terima kasih pa Gubernur Maluku, Murad Ismail dan semua pihak yang mengerjakan jalan ini,” terang de Lima.

Untuk diketahui, selama berpuluh-puluh tahun lamanya, masyarakat di daerah pegunungan Kecamatan Inamosol kurang diperhatikan dalam pembangunan. Mereka yakin, dengan adanya pembangunan jalan ini, semuanya akan teratasi dan membuka keterisolasian selama ini mereka rasakan. (TIM)

Pin It on Pinterest