Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Respon Demo Mahasiswa, Besok DPRD Kota Ambon Undang Kapolresta

Respon Demo Mahasiswa, Besok DPRD Kota Ambon Undang Kapolresta

AMBON, SPEKTRUM– Senin (21/2/2021) DPRD Kota Ambon bakal undang, AKBP Leo Surya Nugraha Simatupang, Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease di Balai Rakyat, Belakang Soya, Kecamatan Sirimau, Ambon.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono kepada Aliansi Solidaritas untuk Husein Suat yang berdemo di halaman Balai Rakyat, Jumat (19/2/2021).

“ Senin akan kami undang rapat. Adik-adik (para pendemo) boleh hadir disini tetapi tidak bisa masuk ikut rapat di dalam karena biasanya rapat bersama kepolisian itu tertutup. Untuk apa? Biar tetap kondusif,” ungkapnya.

Rustam Latupono, Wakil Ketua DPRD dan Zeth Pormes, Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon sedang menemui para pendemo

Latupono mengatakan, lima tuntutan pendemo yakni meminta dewan kota agar meminta Kapolresta melakukan rekonstruksi kejadian di Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Jembatan Merah Putih (JMP), mencari alat bukti penikaman, mendesak Kapolresta mengawal serius masalah penikaman dan pengeroyokan hingga menewaskan rekan mereka, Husein Suat, mahasiswa fakultas teknik Unpatti, memperketat keamanan dan patrol di area JMP serta meminta agar pasal yang digunakan untuk menjerat pelaku bukan Pasal 338 KUHP tetapi Pasal 340 KUHP agar ada efek jera bagi pelaku, akan dibicarakan bersama Kapolresta.

Ia mengaku tidak ambil pusing jika para pendemo marah, gusar dan tidak menghormati dirinya sebagai wakil rakyat. Terpenting, kata Latupono, tuntutan mereka tetap akan ditindaklanjuti secara serius. Hal ini ia garisbawahi merespon pendemo yang mengatakan wakil rakyat selama ini kurang peduli terhadap permasalahan rakyat. Bahkan para pendemo tidak mengenal wajah wakil rakyat. Baru pada saat demo Jumat (19/2/2021) mereka mengetahui siapa saja wakil rakyat. Itupun hanya terbatas pada wakil rakyat yang menemui mereka saja.

Salah satu pendemo menyampaikan 5 point tuntutan kepada Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono

“ Kami tidak datang mengemis. Bapak-bapak bertanggungjawab atas kasus ini. Kami akan terus mengawasi kinerja bapak-bapak. Terkait masalah ini, kami akan terus demo sampai kapan pun dan dimana pun, sampai kasus ini tuntas,” teriak salah satu pendemo. (HS.17).

Pin It on Pinterest