Connect with us

Berita Utama

Direktur Poltekkes Ambon ’Verkeilt’

Direktur Poltekkes Maluku, Hairudin Rasako.

AMBON, SPEKTRUM – Direktur Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Maluku, Hairudin Rasako membantah telah dilaksanakan proses perkuliahan tatap di lembaga pendidikan tersebut.

“Semua proses kuliah dilakukan secara daring dan hanya praktek klinik misalnya di Rumah Sakit, Klinik, Puskesmas, tempat industri, panti jompo yang dilakukan di luar lokasi perkuliahan harus dilakukan di lokasi tersebut,” jelas Rasako kepada Spektrum, Kamis, (19/02/2021) di ruang kerjanya.

Namun tambahnya, sebelum turun lapangan pihaknya menyiapkan administrasi termasuk surat persetujuan orang tua yang dikirim ke berbagai instansi termasuk ke Satgas Provinsi Maluku, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku serta kabupaten dan kota.

“Selain itu, sebelum dan sesudah kegiatan harus dilakukan rapid antigen serta memenuhi sekitar empat kriteria,” katanya.

Tidak semua instansi yang dihubungi bersedia menerima mahasiswa Poltekkes Negeri Ambon untuk praktek klinis, misalnya RSUD Haulussy Ambon.

“RSUD Haulussy menolak menerima praktek klinis karena masih fokus pada pasien Covid-19,” jelasnya.

Kampus Poltekkes Maluku.

Hingga saat ini proses perkuliahan tatap muka belum dilaksanakan Poltekes Negeri Ambon.

“Kami belum melaksanakan perkuliahan tatap muka, sedangkan praktek klinis dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Menteri Kesehatan RI,” tandasnya.

Pihaknya lanjut Rasako melaksanakan praktek klinis namun tetap mengedepankan Prokes yakni rapid antigen serta mempraktekan 4M yakni, Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan dan Menghindari kerumunan.

“Kami tetap laksanakan Protokol Kesehatan atau Protkes,” lanjutnya. Sebelumnya diberitakan Spektrum dengan topik, “Direktur Poltekkes Lawan Kebijakan Jokowi”.

Sementara Ketua Satgas Covid-19 Maluku, Kasrul Selang dan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Maluku, Meikyal Pontoh ternyata belum mengetahui ada sepuluh dosen Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Maluku yang terpapar Covid-19.

Pasalnya, Direktur Poltekkes, Hairudin Rasako telah memberlakukan kuliah tatap muka sejak akhir Desember 2020. Ini juga tidak sesuai dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi. (HS-16/HS-17)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Utama