Connect with us

SOROT

Jubir Satgas Covid Sarankan Poltekkes Gratiskan Mahasiswa Tes Cepat Usap

dr. Adonia Rerung, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku

AMBON, SPEKTRUM– Juru Bicara (Jubir) Satgas penanganan Covid-19 Maluku, Adonia Rerung menyarankan agar Poltekkes meminta Kementerian Kesehatan RI memberikan bantuan alat tes cepat Covid-19 agar mahasiswa dapat melakukan tes gratis untuk memastikan kesehatannya.

Hal ini dikatakannya kepada Spektrum melalui saluran telepon, Kamis (18/2/2021)menanggapi sudah dibukanya perkuliahan tatap muka oleh Poltekkes Ambon yang beresiko membuat klaster baru penyebaran Covid-19 dari kampus.

Baca juga: Direktur Poltekes “Bikin” Klaster Baru Covid

“ Kalau sudah kuliah tatap muka sebaiknya dilakukan tes. Minta kementerian kesehatan alatnya karena Poltekkes dibawah kementerian kesehatan. Kami juga dapat dari kementerian kesehatan,” terangnya.

Jubir yang juga seorang dokter ini pun menyampaikan bahwa jika Poltekkes terbukti tidak mengindahkan larangan kuliah tatap muka di masa Kota Ambon masih dalam zona merah atau oranye, gugus tugas (gustu) Kota Ambon yang mestinya menegur karena Poltekkes berada di wilayah Kota Ambon.

Baca juga: Direktur Poltekes Lawan Kebijakan Jokowi

Satgas penanganan Covid-19 provinsi Maluku, lanjut Jubir, hanya bisa berkoordinasi saja dengan kabupaten kota dalam penyelesaian masalah yang terjadi di wilayah kabupaten kota. Termasuk pemberlakuan aturan di masa pandemi ini.

“ Teguran hanya bisa dari kementerian (kesehatan) karena Poltekkes di bawah kementerian langsung, bukan di dinas.  Gustu Kota Ambon yang menegur kalau dianggap pelanggaran,” tuturnya.

Ia belum mendengar kepastian berapa orang dosen sebenarnya yang terpapar Covid-19. Dirinya berjanji akan segera memberikan informasi lebih lanjut jika sudah ada konfirmasi dari kampus yang terletak di kawasan Nania-Negeri Lama itu.

Sementara itu, direktur Poltekkes Ambon, Hairudin Rasako, tidak mau menemui Spektrum ketika didatangi di ruangannya. (HS.17).    

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in SOROT