Connect with us

AMBOINA

NDC Ajari Milenial Jadi Penyelam Handal

Penyelam belia didampingi penyelam senior memberi bekal pengetahuan teknik menyelam

AMBON, SPEKTRUM– Sepanjang pertengahan Januari sampai pertengahan Februari 2021 atau sudah satu bulan ini para penyelam senior yang tergabung dalam Komunitas Penyelam Nusaniwe (Nusaniwe Divers Community) mengajari anak-anak muda milenial pecinta laut tentang teknik menyelam yang baik.

Ada empat lokasi untuk mengajar anak-anak pecinta laut ini. Di pantai Amahusu, Santai Beach, Seri dan Hukurila.

Menurut salah satu instruktur selam yang dihubungi Spektrum via telepon seluler, Minggu (14/2/2021), Ceisar Riupassa menjelaskan, ada tiga keahlian yang diajarkan setelah tiga kali pertemuan pendahuluan diajarkan try scuba, mempertajam keterampilan berenang.  Tiga keahlian tersebut adalah tentang  Clearing Mask, Regulator Exchange dan memasang peralatan dengan benar untuk persiapan menyelam.

“ Empat kali pertemuan di empat tempat berbeda. Terakhir di Hukurila ini kita ajarkan skill tentang Clearing Mask, Regulator Exchange dan mempersiapkan peralatan diving,” ungkapnya.

Ceisar Rupassa, salah satu pelatih selam
Salah satu penyelam belia

Keterampilan ini, lanjut Ceisar, diajarkan lebih awal agar ketika mengikuti pelatihan lanjutan untuk mendapatkan sertifikat Open Water, milenial ini sudah memiliki teknik dasar menyelam. Sudah 25 orang penyelam belia yang mengikuti pelatihan tersebut. Ia berharap, kelak ada anak-anak muda milenial Maluku yang dapat diandalkan sebagai penyelam profesional taraf internasional.

“ Saya berharap mereka tidak merasa capek. Mau belajar terus supaya di masa mendatang mereka bisa jadi divers muda Maluku yang benar-benar sesuai standar internasional,” harapnya.

Sementara itu, salah satu orang tua penyelam belia, Megyo Leikahena mengatakan sangat mendukung dan berterima kasih kepada NDC karena peduli dengan anak-anak milenial. Ia berharap, anak-anak milenial ini dapat semakin menghargai dan mencintai alam terutama laut yang menjadi tumpuan hidup masyarakat Maluku.

 Megyo juga berharap para orang tua yang memiliki anak, dapat bergabung bersama komunitas Anak Pecinta Laut, belajar mengembangkan kemampuan menyelam dan menikmati keindahan bawah laut serta menjaganya agar tidak tercemari.  

Megyo Leikahena, salah satu orang tua penyelam belia
Para penyelam belia dan instrukturnya

“ Saya support anak-anak kami. Terima kasih para divers senior yang banyak memberikan motivasi, memberikan pengalaman. Saya mengundang orang tua lainnya untuk bergabung dengan kami disini. Banyak senior divers yang memberikan ilmu sangat luar biasa,” tandasnya. (HS.17)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in AMBOINA