Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Sempat Alami Mati Mesin, Tim SAR Gabungan Temukan KM Sandoro

Sempat Alami Mati Mesin, Tim SAR Gabungan Temukan KM Sandoro

AMBON, SPEKTRUM – Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) gabungan akhirnya menemukan Kapal Motor Sandoro yang sebelumnya hilang karena mengalami mati mesin di perairan Pulau Wasir Kabupaten Kepulauan Aru dengan jumlah awak kapal sebanyak 8 orang.

Saat ditemukan pada pukul 18.34 WIT, Jumat (5/2/2021), posisi kapal tenggelam karena hantaman gelombang tinggi.

Proses evakuasi korban di malam hari oleh tim SAR gabungan berjalan dramatis karena diterpa angin kencang disertai gelombang tinggi.

Pukul 18.55 WIT, mereka berhasil mengevakuasi seluruh korban dengan kondisi selamat. Namun karena cuaca pada malam itu begitu ekstrim, akhirnya tim memutuskan untuk bermalam dengan korban di Pulau Wokam, Desa Samang, Kabupaten Kepulauan Aru.

Tim Rescue Unit Siaga SAR Kepulauan Aru berserta unsur potensi SAR dikerahkan sejak Jumat (5/2/2021), pukul 14.40 WIT menuju lokasi guna melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan.

Tim SAR Gabungan berangkat mencari KM Sandoro. Sumber Foto: Basarnas Maluku
Kapal KM Sandoro yang tenggelam. Sumber Foto: Basarnas Maluku

Pada pagi esok harinya, (6/2/2021), tim SAR gabungan melanjutkan evakuasi korban menuju dermaga Pelabuhan Dobo menggunakan speed boat BPBD Kepulauan Aru.

Nama delapan orang awak kapal yang diselamatkan, Samir(45 Thn/ L), Sigit Untoro (26 Thn/ L), Ahmad mukhlisin (35 Thn/ L), Adin Setyo Nugroho (26 Thn/ L), As’an (35 Thn/ L), Ahmad Zaenudin (27 Thn/ L), Yoyok Prasetyo (27 Thn/ L), Teguh (25 Thn/ L).

Unsur SAR yang terlibat dalam operasi ini adalah tim rescue unit siaga SAR Kepulauan Aru sebanyak 4 orang, Polairud satu orang, Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Dobo sebanyak 3 orang dan dibantu nelayan setempat.

Sebelumnya, Kantor Basarnas Ambon menerima informasi dari Koordinator Unit Siaga SAR Kepulauan Aru yang menerima informasi tersebut dari Kepala BPBD Kepulauan Aru bahwa adanya laporan kapal motor Sandoro yang berangkat dari Desa Jambu Air, Pulau Penambulai pada pukul 09.00 WIT hendak menuju pelabuhan Dobo namun di tengah perjalanan kapal terseebut mati mesin di perairan Pulau Wasir Kabupaten Kepulauan Aru.

Awak kapal KM Sandoro yang berhasil diselamatkan. Sumber Foto: Basarnas Maluku

Mendengar informasi tersebut, pukul 14.40 WIT tim Rescue Unit Siaga SAR Kepulauan Aru beserta unsur potensi SAR dikerahkan menuju lokasi pada koordinat dugaan 05º35.575’ S – 134º9.439’, dengan jarak ±11 NM, arah barat laut dari dermaga Pelabuhan Dobo.

Kondisi cuaca di lapangan hujan ringan, angin barat-barat laut, dengan kecepatan angin 8–30 knot dan tinggi gelombang 2,5–4.0 meter. (HS.17).

Pin It on Pinterest