Juli 28, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Usut Dugaan Tilep Dana Nakes Lagi

Usut Dugaan Tilep Dana Nakes Lagi

AMBON, SPEKTRUM – Tim I Covid-19 DPRD Maluku bakal kunjungi RSUD dr. Ishak Umarella di Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah. Menindaklanjuti persoalan bagi-bagi inisiatif Tenaga Kesehatan (Nakes) khusus Covid-19 ala Dirut RSUD Tulehu, dr. Dwi Murti Nuryanti.

Tim I Pengawasan Covid-19 DPRD Maluku akan lakukan kunjungan ke rumah sakit tersebut. Demikian dikemukakan Ketua Tim I Covid-19 DPRD Maluku, Melky Sairdekut kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (04/02/2020).

“Tujuan kunjungan tersebut, untuk memastikan semua infromasi yang berkembang tentang hak-hak tenaga kesehatan yang mengurus pasien Covid-19 maupun yang tidak mengurus pasien Covid-19 semua informasinya harus dipastikan berjalan sebagaimana mestinya,” kata Sairdekut.

Atas dasar tersebut, kata Sairdekut, Tim I akan menetapkan waktu kunjungan ke RSUD Umarella.

“Dan ide kunjugan ke RSUD Umarella telah kami sampaikan ke Dirut RSUD Tulehu serta Kadis Kesehatan Provinsi Maluku. Tinggal DPRD yang mengagendakan waktunya,” jelas Ketua Umum PB AMGPM itu.

Staf dari RSUD dr. Izhak Umarella-Tulehu saat menjelaskan penggunaan dana Covid-19 di DPRD Maluku. (ist)

Sairdekut berharap kunjungan dapat dilaksanakan dalam waktu dekat. “Kalau bisa lebih cepat lebih baik tergantung agenda komisi yang sedang berjalan,” singkatnya. Soal kekuatiran akan ada tekanan di RSUD Umarella terhadap para Nakes, Sairdekut menegaskan tujuan kunjungan tersebut untuk berjumpa dengan tenaga kesehatan untuk mendengar penjelasan mereka.

“Rumusannya kalau tidak ada masalah itu artinya tidak terjadi perdebaatan, tapi karena ada masalah maka terjadi perdebatan, kita telah mendengar dari level pimpinan rumah sakit dan kunjungan ini untuk mendengar dari aparatur pegawai rumah sakit agar diketahui duduk persoalannya,” jelasnya.

Dikatakan, jika Nakes tidak menyampaikan secaara jujur masalahannya maka kesalahannya di Nakes.

“Kita berharap dengan kunjungan ini Nakes bisa menyampaikan dengan jujur walaupun situasinya diskenariokan itu urusan RSUD, tapi hal itu tidak mengurangi niat DPRD untuk kunjungi RSUD dr. Umarella,” tandasnya. (HS-16)

Pin It on Pinterest