Connect with us

Berita Utama

Tiga Menteri Kunker ke Maluku, Tinjau Lokasi Pembangunan Infrastruktur LIN

Gubernur Maluku, Murad Ismail bersama Menteri KP, Wahyu Sakti Trenggono, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dan Kepala BKPM RI, Bahlil Lahadahlia diatas KM Siwalims

AMBON, SPEKTRUM – Presiden RI, Joko Widodo memerintah Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Wahyu Sakti Trenggono dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia untuk meninjau lokasi pembangunan pelabuhan terintegrasi dan Ambon New Port, sebagai upaya menjadikan Maluku Lumbung Ikan Nasional (LIN). Peninjauan tersebut dilakukan, Jumat (5/2/2021).

Lokasi yang nantinya dijadikan Pelabuhan Terintegrasi dan Ambon New Porth berlokasi di pesisir Negeri Waai dan Negeri Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).
Demikian dijelaskan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku, Abdul Haris dalam paparannya dihadapan para menteri dan gubernur.
“Lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan ini seluas 717.825 ha,” katanya.

Kepala BKPM RI Bahlil Lahadalia sedang menanyakan beberapa hal teknis seputar rencana pembangunan infrastruktur penunjang LIN

Setelah mendengar paparan serta menanyakan beberapa hal teknis tentang pembangunan infrastruktur tersebut, para menteri bersama gubernur serta beberapa pejabat lainnya meninjau lokasi
pembangunan dari arah laut dengan
menggunakan KM Siwalima dan Kapal
Pengawasan Perikanan.

Diatas KM Siwalima, Menhub bersama MKP Kepala BKPM dan Gubernur Maluku membahas langkah-langkah pembangunan selanjutnya.
“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo kepadan kami untuk mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional, dan kami mendukungnya,” kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia.

Kedatangan ini kata Lahadalia, sekaligus
melakukan sinkronisasi terhadap persiapan
persiapan infrastruktur baik dari Ambon New Porth maupun Pelabuhan Terintegrasi Perikanan dan kawasan perindustrian.
“Kedatangan kami hari ini dalam rangka melakukan sinkronisasi terhadap
persiapan infrastruktur baik dari New Porth maupun Pelabuhan Perikanan dan Kawasan Perindustrian,” jelasnya.

Gubernur Maluku Murad Ismail saat memberi keterangan kepada Menteri KP, Menhub dan Kepala BKPM RI diatas KM Siwalima

Sementara itu, Gubernur Maluku Murad Ismail mengatakan sudah mengecek langsung lokasi.
Bahkan tambahnya, dirinya bersama ketiga menteri ini telah berembuk ternyata masih ada alternatif satu, dua dan tiga.
“Sudah kita lihat semua dan sudah kita gambar semua dalam kapal. Nanti habis ini kita berembuk lagi mencari mana yang paling terbaik diantara tiga pembangunan,” kata Murad.

Murad menambahkan, tugas gubernur pada program ini adalah pembebasan lahan.
“Saat ini telah ada bayangan nanti kita belum menentukan namun setelah ini gubernur dan tim pembebasan lahan ditunjuk oleh pemerintah,” katanya. (HS-16)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Utama