Juni 24, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Janji Kinerja Eselon III dan IV

Janji Kinerja Eselon III dan IV

AMBON, SPEKTRUM – Sebagai wujud nyata komitmen antara penerima dan pemberi amanah. Demi meningkatkan integritas, akuntabilitas, transparansi, dan kinerja para Aparatur, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Maluku.
Dilaksanakanlah Penandatanganan Perjanjian Kinerja Eselon III dan IV serta dan Pakta Integritas pengelolaan Aset sebagai wujud tanggung jawab bersama dalam mencapai target kinerja tahun 2021, Rabu, (03/02/2021).
Kepala Dinas PUPR Maluku, Mat Marasabessy dalam sambutannya saat penandatanganan Perjanjian Kinerja pejabat eselon III dan IV tersebut mengaatakan, pertengahan tahun lalu, pemerintah Provinsi Maluku telah melaksanakan penandatangan perjanjian kinerja MoU antara Gubernur Maluku dan pejabat eselon II yakni Kepala Dinas, Biro dan Badan untuk berkomitmen melaksanakan program atau kegiatan menunjang Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku periode 2019-2024.
“Sebagai tindak lanjut dari apa yang dilakukan Pemprov Maluku, maka Dinas PUPR laksanakan Penandatanganan perjanjian Kinerja dan Pakta Integritas pengelolaan aset. Kegiatan ini merupakan perwujudan Dinas PUPR sebagai bagian dari Perangkat Daerah Provinsi Maluku yang berjanji memberi dampak apa saja bagi masyarakat. Melalui program dan kegiaatan yang telah direncanakan dengan matang dan segera dilaksanakan,” kata Marasabessy.

Sepakat tingkatkan kinerja para Esselon III & IV untuk pembangunan Maluku lebih baik.(ist)
Menurutnya, pembangunan yang akan dikerjakan perlu direncanakan dengan baik dan matang jika perencanaaan baik dan matang, maka dibutuhkan komitmen bersama untuk mewujudkan yang sudah direncanakan.
“Oleh sebab itu, bentuk komitmen kita akan tujuan pembangunan yang ingin kita capai adalah dengan menandatangani perjanjian kinerja yang ditandatangani saat ini,” katanya.
Marasabessy mengingatkan, pembangunan Provinsi Maluku tahun 2021 merupakan aktualisasi dari ‘Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku’ dalam lima tahun.
Visi dan misi, kata dia, dijabarkan lebih lanjut dalam tujuan dan sasaran Pembangunan Daerah untuk diimplementasikan melalui program kegiatan prioritas pembangunan daerah. Dengan tetap memperhatikan isu strategis dan lingkungan strategis baik global, nasional dan kondisi obyektif daerah, serta pencapaian tujuan pembangunan Jangka menengah daerah.
“Untuk mewujudkan hal tersebut salah satu hal yang perlu dipastikan adalah terwujudnya birokrasi yang kapabel dan berdaya saing, memiliki integritas yang dapal menggerakkan roda pemerintahan serta menjalankan program-program pemerintah secara efektif, efisien, dan akuntabel. Untuk itulah Penandatangan Pakta Integritas Pengelola Aset lingkup Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Maluku dilakukan di hari ini,” katanya.

Bersama sepakat dengan berbagai program menata Maluku ke depan. (ist)
Marasabessy mengingatkan, bahwa langkah awal memulai program tahun 2021 lingkup Dinas PUPR Povinsi Maluku adalah penting untuk merencanakan dengan matang apa yang akan dikerjakan, serta harus dapat menetapkan dan menghitung ‘output’, ‘outcome’, ‘benefit’, ‘impact’ yang akan dirasakan masyarakat.
“Juga melibatkan dan memberikan ruang kepada masyarakat dalam mengawasi dan memberi penilaian terhadap apa yang kita kerjakan. Dan harus dapat mempertanggungjawabkan apa yang kita kerjakan,” katanmya mengingatkan. (HS-16)

Pin It on Pinterest