Agustus 2, 2021

Spektrum

Bersama Membangun Negeri

Gubernur Maluku Tegaskan Tiga Tugas Utama ASN

Gubernur Maluku Tegaskan Tiga Tugas Utama ASN

AMBON, SPEKTRUM – Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Murad Ismail menegaskan tugas utama sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) ada tiga.

Hal ini dikatakannya dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku, Kasrul Selang pada acara penyerahan Surat Keputusan (SK) pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lantai 7 Kantor Gubernur Maluku, Rabu (3/2/2021).

 Tiga tugas utama sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) sekaligus sebagai bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yaitu melaksanakan kebijakan publik yang dibuat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas serta mempererat persatuan dan kesatuan NKRI.

“ Tugas mulia inilah yang harus saudara-saudara pikul sebagai abdi Negara dan abdi masyarakat. Laksanakanlah amanat tersebut dengan penuh tanggung jawab berlandaskan nilai dasar, kode etik dan kode perilaku sebagai CPNS,” tegasnya.

Sekda Maluku, Kasrul Selang memberikan bingkisan dari PT. Taspen pada acara pengangkatan CPNS di Lantai 7 Kantor Gubernur Maluku, Rabu (3/2/2021)

Gubernur juga mengingatkan, pengangkatan sebagai CPNS dilaksanakan dalam suasana keprihatinan karena pandemi Covid-19 yang telah menimbulkan krisis kesehatan dan ekonomi bahkan dampaknya kemudian menyentuh pada semua aspek kehidupan masyarakat. Dalam situasi dan kondisi seperti ini, ia meminta CPNS harus terpanggil dan dapat memberikan kontribusi konkrit dalam penanganan Covid-19. Terutama untuk membantu dan melayani masyarakat dalam menghadapi krisis saat ini.

Dikatakan, salah satu kriteria dan persyaratan utama untuk menjadi Negara maju adalah memiliki SDM aparatur yang unggul, berkualitas serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Titik krusial dan kritis dalam pengelolaan SDM terletak pada proses dan sistem rekrutmennya. Sistem rekrutmen yang baik akan menghasilkan SDM yang berkualitas. Demikian pula sebaliknya.

“Kita patut bersyukur dan berbangga karena pelaksanaan rekrutmen atau seleksi CPNS ecara nasional dan di lingkup pemerintah provinsi Maluku sudah melaksanakan metode seleksi berbasis komputerisasi atau Computer Asissted Test (CAT),” ungkapnya.

CPNS yang diberikan SK pengangkatan

Ia menjelaskan, kini nilai ujian CPNS bisa dimonitor secara langsung oleh publik secara luas. Melalui sistem CAT ini nilai ujian dapat dimonitor secara langsung oleh publik secara luas sehingga hasil yang diperoleh benar-benar murni sesuai kemampuan masing-masing peserta. Hal ini menjelaskan bahwa pelaksanaan seleksi CPNS tersebut telah dilaksanakan secara transparan. Adil dan akuntabel sebagai implementasi dari manajemen PNS yang mengutamakan sistem merit.  

Sistem merit didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi

“ Bahkan live. Hari kedua, saya lihat live di youtube. Langsung kelihatan hasilnya. Yang bisa meluluskan hanya dia dengan Tuhan saja. Tidak bisa orang lain lagi. Betapa ketatnya rekrutmen. Mudah-mudahan adik-adik ini hasil rekrutmen yang baik itu,” terangnya.

Gubernur juga mengucapkan selamat atas pengangkatan CPNS ini  dan berkata bahwa semua adalah hasil perjuangan keras serta doa yang dikabulkan Tuhan. Sebuah pembuktian bahwa hasil tidak akan mengkhianati proses yang telah dijalani selama ini.

Ia juga menegaskan dan menginstruksikan, sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas sebagai CPNS, sebelum diangkat sebagai PNS calon PNS harus menjalani masa percobaan selama satu tahun. Masa pra jabatan selama satu tahun sejak diangkat menjadi CPNS.

“ Selama masa percobaan tersebut, saudara-saudara akan dinilai, apakah layak untuk diangkat sebagai PNS ataukah tidak. Untuk itu saya harapkan saudara-saudara dapat mengikuti masa pra jabatan tersebut dengan baik sehingga dapat memenuhi syarat dan kualifikasi untuk diangkat menjadi PNS,” tandasnya. (HS.17)

Pin It on Pinterest